•  14 Juli 2024
  •    
  •  461
Car Free Day di Depan Pasar Bantul Kembali Digelar, Disdikpora Jadwalkan CFD Tiga Kali dalam Setahun

Minggu pagi (14/7/2024) masyarakat tumpah ruah memenuhi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Bantul dalam gelaran Car Free Day (CFD). Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul ini bertujuan untuk mendorong gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, serta mengurangi ketergantungan masyarakat pada penggunaan kendaraan bermotor dan mengurangi tingkat polusi udara.

Acara yang berpusat di depan Pasar Bantul ini menarik partisipasi masyarakat dari berbagai kalangan. Tak hanya senam massal, sejumlah orang nampak asyik bersepeda dan bermain bulu tangkis, hingga keluarga yang menikmati jalan kaki tanpa kebisingan kendaraan bermotor. Masyarakat dapat menikmati suasana Jalan Jenderal Sudirman yang biasanya ramai dengan mobil dan motor, kini dipenuhi senyum dan keceriaan warga yang menikmati kegiatan ini. 

Sekretaris Disdikpora Bantul, Titik Sunarti Widyaningsih menuturkan CFD akan digelar tiga kali pada tahun 2024 yakni pada hari ini, Minggu (14/7/2024) dan dijadwalkan akan kembali digelar pada bulan Agustus dan September mendatang.

"Oleh karena itu, sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Bantul akan ditutup pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB," ungkap Titik.

CFD Bantul tidak hanya diisi dengan kegiatan fisik, akan tetapi juga pelayanan publik Adminduk dari Disdukcapil Bantul dan aneka kuliner yang dijajakan oleh pedagang UMKM. 

Car Free Day sendiri telah menjadi bagian dari budaya kota di banyak tempat di Indonesia, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor setidaknya satu hari dalam sebulan, diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan merangsang mobilitas berkelanjutan. (Fza)