•  15 Juli 2024
  •    
  •  354
Ribuan Warga Tumpah Ruah Ramaikan Hajatan Massal Hari Jadi ke-110 Kalurahan Karangtalun

Semarak Hari Jadi ke-110 Kalurahan Karangtalun, Imogiri, digelar sejumlah kegiatan. Hari ini Minggu (14/7/2024) dilaksanakan Kirab Budaya dengan tema "Kebersamaan dalam Kemajemukan". Acara ini menyedot animo masyarakat Imogiri dan sekitarnya yang tumpah ruah dijalan untuk menyaksikan iring-iringan bregada yang tampil dengan mengenakan busana daerah lengkap dengan atributnya. Tak ketinggalan maskot lemper raksasa dan gunungan yang berisi hasil bumi juga diarak keliling desa untuk nantinya dibagikan kepada warga seusai kirab. Kirab Budaya Kalurahan Karangtalun diikuti oleh lima padukuhan yang ada di Karangtalun dan dari masing-masing kampung yang ada ditiap padukuhan ambil bagian menjadi pasukan bregada. Tak kurang dari seribu orang hadir memeriahkan hajatan massal ini. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-pun tak ketinggalan turut serta dalam kemeriahan. Beliau berpesan agar masyarakat Kalurahan Karangtalun senantiasa guyup rukun dalam kebersamaan. 

"Selamat hari jadi Kalurahan Karangtalun ke-110. Pokoknya warga Karangtalun semoga selalu kompak, guyup rukun, tolong menolong agar semuanya sejahtera," tutur Bupati. 

Ketua Panitia Hari Jadi Kalurahan Karangtalun, Ilham Saputro Jati mengatakan rangkaian Hari Jadi Kalurahan Karangtalun dimulai dengan pengajian akbar, senam massal dan pentas reog serta pentas seni yang menampilkan para pelaku seni dari Karangtalun yang telah digelar di hari sebelumnya. 

"Acara ini kita ada berbagai rangkaian kegiatan, mulai kemarin ada pengajian akbar, kemudian senam massal, ada reog dan setiap kegiatan itu ada bazar UMKM produk unggulan yang ada di Karangtalun. Nah malamnya ada pentas seni yang menampilkan pelaku seni di Karangtalun," ungkapnya.(Fza)