•  07 Juli 2024
  •    
  •  798
352 Jamaah Haji dari Kloter 49 SOC Telah Kembali ke Bumi Projotamansari

Sejumlah 352 jamaah haji tahun 2024 yang berasal dari kelompok terbang (kloter) 49 SOC telah kembali ke tanah air pada Sabtu (6/7/2024). Tiba di bandar udara Adi Soemarmo Solo pada pukul 19.00, rombongan lantas bergegas menuju Kabupaten Bantul dan disambut haru oleh keluarga yang menanti di Pendopo Manggala Parasamya. 

Sedianya, kloter 49 SOC berisi 353 jamaah haji. Namun, satu jamaah atas nama Sumartilah Purwo Pardjono meninggal di tanah suci. Lantas untuk 352 jamaah yang kembali, empat diantaranya pulang menggunakan ambulans.

Bersama dengan jajaran forkopimda dan sejumlah pimpinan perangkat daerah, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyambut langsung kedatangan para jamaah yang baru saja menuntaskan salah satu rukun islam. Dikatakan Bupati, tidak semua orang memiliki kesempatan dipanggil ke tanah suci. Sehingga jamaah yang hadir tergolong orang-orang beruntung.

“Selamat datang kembali di Kabupaten Bantul, Bumi Projotamansari. Rasanya baru kemarin kami melepas Bapak Ibu untuk berangkat ke tanah suci. Sungguh jamaah sekalian adalah orang-orang beruntung, dapat menunaikan rukun islam dengan lengkap. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Semoga Bapak Ibu senantiasa sehat dan doakan kami, masyarakat Bantul, agar diberikan keberkahan hidup,” ujar Halim.

Salah satu jamaah haji yang kembali, Jamilah (58), merasa bersyukur bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Jamaah yang berasal dari Sabdodadi, Bantul ini juga sedikit bercerita pengalaman di tanah suci yang amat berkesan untuknya.

“Alhamdulillah sewaktu di Masjidil Haram itu bisa sholat di lantai level satu dan bisa menyentuh Hajar Aswad lebih dari sekali,” cerita Jamilah.

Sementara itu, jamaah haji lain dari Kabupaten Bantul akan pulang bertahap pada 6 Juli, 7 Juli, dan terakhir pada 16 Juli mendatang. (Els)