•  04 Juli 2024
  •    
  •  698
Program CSR Siap Bantu Atasi Kemiskinan dan Stunting

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep dimana perusahaan bertanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan oleh kegiatan bisnisnya. Sebagai upaya meningkatkan sinergi program pemerintah dengan CSR, digelar Pertemuan Forum CSR di Cavinton Hotel, Yogyakarta, pada Kamis (4/7/2024), dengan mengambil tema Terjalinnya Kemitraan antar Pihak untuk Penanganan Stunting dan Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat.

Dihadiri oleh asosiasi BUMN, BUMD, perbankan, perusahaan umum, serta perangkat daerah, forum ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang telah berpartisipasi dalam CSR ini, dengan memberikan kontribusi terhadap kegiatan-kegiatan yang langsung berdampak pada kepentingan masyarakat. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ari Budi Nugroho, S.T., M.Sc., mengatakan bahwa program pembangunan telah dianggarkan dalam APBD. Namun ada beberapa keterbatasan, sehingga untuk mempercepat realisasi program-program yang langsung menyentuh kepada masyarakat, baik kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi, diperlukan peran serta CSR. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada para perusahaan yang telah berpartisipasi dalam program CSR di Kabupaten Bantul. Forum ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kepedulian, kemampuan, dan tanggungjawab dunia usaha dalam penyelenggaraan tanggungjawab sosial yang membantu meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan secara aktif, efektif, masif, dan berkelanjutan,” lanjut Ari. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menuturkan bahwa dunia usaha memberikan kontribusi besar, tidak hanya bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga telah bersinergi untuk mengatasi berbagai masalah pembangunan di Kabupaten Bantul. 

“Di tengah derap langkah pembangunan yang terus melaju, masih terdapat beberapa ketertinggalan, diantaranya stunting dan kemiskinan. Sehingga kita harus bersama-sama menyiapkan langkah agar stunting dan kemiskinan dapat kita atasi dengan pendekatan yang semakin efektif,” tegas Halim. (Pg)