•  04 Juli 2024
  •    
  •  936
Keakuratan Data PPKS Jadi Fokus Utama, Dinsos Bantul Launching Aplikasi SIDAPELUKAN

Data merupakan komponen utama dalam program penanggulangan kemiskinan. Tanpa data yang akurat, program-program penanggulangan kemiskinan akan berisiko besar tidak tepat sasaran. Untuk itu berbagai upaya terkait dengan penyediaan data ini menjadi fokus utama dari Dinas Sosial Kabupaten Bantul.

Basis data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial menjadi sesuatu yang mendasar untuk menentukan sasaran pelayanan sosial. Hal ini akan menjadi valid ketika didukung oleh data yang up to date dan tersaji secara benar. Hal ini disampaikan oleh Plt Sekretaris Dinas Sosial, Tatik Windari saat menyampaikan laporannya dalam acara launching aplikasi Sistem Data Informasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan (SIDAPELUKAN) yang digelar pada Kamis (4/7/2024) bertempat di Ros In Hotel.

Ia menambahkan aplikasi SIDAPELUKAN merupakan pengembangan dari dua aplikasi sebelumnya yang telah lebih dulu ada yakni SIDAKIS dan SIDAMESRA. “Kami berharap dengan adanya data yang memang berbasis pada aplikasi ini akan mempermudah setiap saat dan menjadi pegangan teman-teman di lapangan,” kata Tatik.

Selanjutnya Kepala Dinas Sosial, Gunawan Budi Santoso mengatakan pengembangan aplikasi ini sesuai dengan amanat misi kelima Kabupaten Bantul yakni penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara terpadu dan pencapaian Bantul sebagai kabupaten layak anak, ramah perempuan dan difabel. 

“Kenapa kemudian kami berkutat soal data karena data-data urusan sosial ini menjadi hal yang penting. Kami berupaya agar pendataan sosial ekonomi di Bantul dapat terdata dengan baik. Semoga ini dapat menambah kinerja Dinsos agar lebih berpihak lagi kepada masyarakat,” terang Gunawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, yang hadir untuk me-launching secara langsung aplikasi SIDAPELUKAN mengapresiasi terobosan Dinas Sosial ini. Disampaikan Wakil Bupati, dengan adanya aplikasi ini pendataan PPKS dapat tersaji dan terpilah dengan baik sehingga pemerintah daerah akan dengan mudah menentukan sasaran program kesejahteraan secara tepat, akurat, praktis, dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Dinsos kita ini adalah potret dari terealisasinya program pemerintah visi misi Bupati dan Wakil Bupati, maka SIDAPELUKAN ini menjadi bagian penting. Dinsos ini  standar pelayanan minimalnya selalu 100% ini luar biasa,” tutur Wabup.

Manfaat layanan SIDAPELUKAN sendiri diantaranya sebagai baseline data kebutuhan pemenuhan standar pelayanan minimal, sebagai baseline data sasaran kebutuhan penyaluran layanan rehabilitasi sosial dasar, dan baseline data evaluasi laporan penyelenggaraan daerah. (Fza)