•  27 Juni 2024
  •    
  •  224
Gelar Pelatihan Ecoenzym Bersama Difabel, Implementasi 2 dari 8 Fungsi Keluarga

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 Tahun 2024, Ikatan Penyuluh KB Kabupaten Bantul mengadakan pelatihan ecoenzym di Kampung KB Mertosanan Kulon, Potorono, Banguntapan, Bantul, Rabu (26/06/24). Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan 8 fungsi keluarga, khususnya fungsi lingkungan dan fungsi cinta kasih.

Hal tersebut disampaikan oleh Dra. Titik Chomariyati, M.M., Ketua DPC Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPKB) Kabupaten Bantul. Ia melanjutkan, pelatihan pembuatan ecoenzym ini mengundang anak-anak difabel yang ada di sekitar Kampung KB Mertosanan Kulon agar anak-anak dan masyarakat sekitar lebih peduli terhadap lingkungan. 

“Sebagai fungsi cinta kasih, kami mengundang anak-anak difabel ini harapannya agar mereka dapat berdaya, berkarya, dan tidak bergantung kepada orang tuanya dalam melanjutkan kehidupannya nanti,” ujar Titik. 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi DIY yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja SPIP BKKBN DIY, Ir. Lidwina Daru Andani yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada IPKB Kabupaten Bantul yang telah berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul untuk mengimplementasikan 8 fungsi keluarga, diantaranya yaitu fungsi lingkungan dan fungsi cinta kasih.

“Karena sesuai Instruksi Presiden no 3 tahun 2022 tentang optimalisasi kampung keluarga berkualitas itu sebenarnya kolaborasi dari seluruh instansi pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” tutur Lidwina.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dari fungsi cinta kasih dalam keluarga, di mana masyarakat dan para penyuluh KB saling berbagi ilmu dan kasih sayang. Melalui pelatihan ini, para difabel diberikan kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi aktif, sehingga mereka merasa dihargai dan diperhatikan. (Ans)