•  21 Juni 2024
  •    
  •  517
Semarak Idul Adha, FK UGM bersama Sapadifa Serahkan Hewan Kurban

Masih dalam nuansa Hari Raya Idul Adha, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta berkolaborasi dengan yayasan Sapadifa (Sahabat Pemerhati Difabel dan ODGJ), sebuah komunitas yang berfokus memberikan pendampingan dan pelatihan para difabel dan ODGJ menyerahkan hewan kurban kepada para difabel dan ODGJ di wilayah Imogiri, pada Kamis (20/6/2024) bertempat di Basecamp Sapadifa, Rumah Oman, Sriharjo, Imogiri, Bantul. 

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran UGM yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Hewan kurban sebanyak dua ekor sapi tahun ini diberikan secara khusus bagi para difabel dan ODGJ di wilayah Imogiri. 

“kami setiap tahun melakukan pengabdian masyarakat, salah satunya yaitu pada event idul adha, jadi kami mengumpulkan dari para dosen, tendik, dan mahasiswa untuk menyalurkan hewan kurban di fakultas. Tahun ini ada tiga sapi dan satu kambing, satu sapi sudah kami potong di fakultas dan satu kambing kami salurkan di rusunawa di UGM. Nah kemudian dua sapi itu kami bawa kesini," terang Dr.Supriyati selaku ketua penyelenggara.

Tak hanya hewan kurban, dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular dan penyerahan bakti sosial sebanyak 200 paket. 

"Kita memang tidak hanya kurban saja namun juga ada posbindu untuk screening penyakit tidak menular seperti gula darah, asam urat, kolesterol. Kami juga ada baksosnya untuk 200 paket baksos," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengapresiasi betul kegiatan ini. Halim berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat rutin, FK UGM, karena para difabel ini membutuhkan perhatian yang berkelanjutan terutama dari sisi kesehatan," tutur Bupati. (Fza)