•  20 Juni 2024
  •    
  •  1278
Satu Abad Gereja Ganjuran, Rawat Kebhinekaan Lewat Kenduri Lintas Iman

Ratusan masyarakat dengan berbagai latar belakang agama dan kepercayaan yang berbeda-beda berkumpul di halaman komplek gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran pada Rabu sore (19/6/2024). Kedatangan mereka yaitu untuk menyemarakkan Kenduri Lintas Iman yang digelar secara rutin setiap tahun. Kenduri ini merupakan bagian dari Prosesi Agung Paroki HKTY yang tahun ini genap berusia ke 100 tahun.

Romo Paroki Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Raymundus Sugihartanto menuturkan Kenduri Lintas Iman diharapkan dapat terus merangkul warga sekitar gereja agar hidup rukun dan tentram. Keberadaan gereja Katolik HKTY Ganjuran sendiri berdiri ditengah masyarakat yang plural. Oleh karenanya, agenda Kenduri Lintas Iman juga sebagai momentum berbagi kasih kepada masyarakat sekitar. 

"Ini suatu karunia dari berbagai pihak yang ikut terlibat, kenduri menjadi saat bersama mengembangkan inklusifitas bagi masyarakat Bantul ini agar persatuan dan kesatuan nyata itu terwujud," ujar Romo Paroki HKTY. 

Senada dengan hal tersebut, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengapresiasi gelaran yang telah menjadi agenda tahunan ini. Pemerintah Kabupaten turut bangga dan berbahagia selama satu abad paroki HKTY Ganjuran telah mendukung terwujudnya persatuan antar umat beragama di Bumi Projotamansari. 

"Apresiasi kepada dewan Paroki HKTY yang telah menggelar doa bersama seluruh elemen keagamaan. Ini merupakan bentuk menjaga kerukunan umat beragama dan toleransi. Harapan kita kegiatan ini akan membawa suatu manfaat agar kita tetap terjaga oleh Tuhan Yang Maha Esa," kata Wabup. 

Tradisi Kenduri Lintas Iman menjadi bukti keharmonisan warga sekitar gereja HKTY Ganjuran meski dengan perbedaan keyakinan yang beragam. (Fza)