•  09 Juni 2024
  •    
  •  1102
Pelepasan Tukik Hingga Penampilan Fanny Soegiarta Meriahkan Keroncong Pesisiran Mataraman 2024

Pantai Goa Cemara sukses menjadi saksi penyelenggaraan Keroncong Pesisiran Mataraman (KPM) 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul pada Sabtu malam (8/6/2024). Mengusung tema Swara Ibu Senja yang bermakna sebagai salah satu bentuk ‘keibuan’ dalam mengantarkan anak-anaknya menuju proses kehidupan selanjutnya di laut lepas. Pantai Goa Cemara sendiri dipilih karena merupakan salah satu destinasi pantai unggulan di Bantul dan terdapat konservasi penyu. Oleh karena itu, acara yang telah dimulai sejak sore ini diawali dengan pelepasan penyu yang baru menetas (tukik).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Saryadi, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini digelar dalam rangka menarik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Bantul sekaligus menikmati pertunjukan budaya. Hal ini selaras dengan amanat Gubernur DIY dan Bupati Bantul, dimana pariwisata saat ini diarahkan pada pengembangan pariwisata budaya.

“Kegiatan pelestarian budaya dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati event budaya yang ditampilkan,”ucap Saryadi.

Ariyanti Luhur Setyarini, Sekretaris Paniradya Pati Kaistimewan DIY yang membacakan sambutan Paniradya Pati Kaistimewan mengatakan kegiatan  KPM 2024 ini merupakan panggung ekspresi akan nilai tradisi oleh para seniman dan pegiat seni sekaligus pemberdayaan UMKM yang diharapkan dapat mendorong nilai perekonomian masyarakat.

“Besar harapan kami kegiatan ini mampu mendorong wisatawan untuk berkunjung ke Bantul serta memperkuat branding destinasi pariwisata di pantai Bantul kepada publik,” kata Ariyanti.

Turut hadir, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang mengapresiasi betul gelaran ini. Wabup menilai kegiatan ini sebagai bentuk promosi pariwisata Bantul sekaligus dalam rangka melestarikan kesenian keroncong.

Berbagai musisi keroncong ambil bagian dalam acara ini, seperti Keroncong Gendhis, Keroncong SMM dan Keroncong ISI Yogyakarta. Acara semakin meriah dengan kehadiran bintang tamu Fanny Soegiarta. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun tak ketinggalan menyaksikan KPM 2024. (Fza)