•  07 Juni 2024
  •    
  •  1035
Rampung 100 Persen, Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 Over Prestasi

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 yang menyasar Dusun Mangunan, Kalurahan Mangunan telah selesai dilaksanakan. Hal ini ditandai dengan upacara penutupan yang digelar di Lapangan Mangunan Kapanewon Dlingo, Bantul pada Jumat (7/6/2024).

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 menyasar Dusun Mangunan, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo dilaksanakan sejak tanggal 8 Mei hingga 7 Juni 2024 menghasilkan berbagai pembangunan fisik berupa infrastruktur, serta pembangunan non fisik yaitu pelaksanaan berbagai penyuluhan. Pembangunan fisik yang telah dilakukan yaitu membuka jalan usaha tani sepanjang 625 meter dengan lebar 4 meter, pembuatan talud sepanjang 200 meter dengan tinggi 2 meter dan tebal 40 meter, pembangunan 1 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan no fisik berupa penyuluhan dalam bidang pendidikan bela negara, bidang hukum dan kamtibmas, bidang kesehatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 yang menyasar Dusun Mangunan ini melampaui target yang telah ditentukan bahkan disebut sebagai over prestasi. Dari sasaran yang telah rampung seratus persen, terdapat beberapa pekerjaan yang tidak direncanakan dan berhasil terselesaikan selama pelaksanaan program TMMD. Yaitu berupa pembuatan talud sepanjang 50 meter dengan tinggi 2 meter, pembuatan gorong-gorong sebanyak 3 unit, pembuatan jalan makadam dengan panjang 150 meter dengan lebar 3 meter, pembukaan jalan usaha tani sepanjang 20 meter dengan lebar 4 meter. Pembangunan ini melibatkan pengerahan anggota sebanyak 115 orang yang terdiri dari TNI, Polres, Unsur Pemda, Linmas, dan masyarakat.

Komandan Kodim 0729/Bantul, Sugeng, menyampaikan tujuan pelaksanaan TMMD yang telah berjalan selama delapan dekade ini guna membantu program pemerintah dalam mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur, serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan. 

“Program TMMD selama lebih dari delapan dekade ini merupakan wujud bakti TNI yang difokuskan dalam membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan sarana dan prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat khususnya yang tinggal di daerah dan terpencil,” ucap Sugeng.

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 mengambil tema Dharma Bakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu dilaksanakan pula program unggulan Kepala Angkatan Darat yang meliputi penanaman pohon, kebersihan pasar, kebersihan sungai, RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan, dan rehab masjid.

Lebih lanjut, Komandan Kodim 0729/Bantul menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan kerja keras semua pihak yang terlibat yang telah bersama-sama merampungkan sejumlah sasaran fisik dan non fisik TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di wilayah Mangunan, Dlingo, Bantul. Beliau berharap, apa yang telah dikerjakan dalam program TMMD ini, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat (Fza)