•  06 Juni 2024
  •    
  •  1029
Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Bantul Ajak Masyarakat Membuat Eco Enzyme Secara Massal

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul menggelar kegiatan pembuatan eco enzyme secara massal bersama masyarakat yang dilakukan di Pendopo Pantai Goa Cemara pada Rabu (5/6/2024). Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengusung tema Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan Untuk Memajukan Bantul Bersama 2025.

Dalam sambutannya kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Bambang Purwadi Nugroho, S.H., M.H., melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah guna meningkatkan kesadaran dan mendukung aksi gerakan kelompok masyarakat dalam menjaga dan melindungi lingkungan hidup, memperkuat partisipasi dan kesadaran publik dalam upaya pelestarian lingkungan, dan mengedukasi masyarakat tentang isu-isu penting lingkungan serta bagaimana agar dapat berkontribusi untuk pelestarian lingkungan. 

Pada peringatan tahun ini, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengajak agar peringatan ini dijadikan momentum untuk melakukan kontemplasi terhadap pelestarian lingkungan hidup. Bupati juga menekankan agar terus berfokus pada upaya-upaya pemulihan lingkungan. 

“Marilah kita sejenak melakukan kontemplasi atas dosa-dosa lingkungan yang telah kita lakukan, kita jadikan peringatan ini sebagai penebusan dosa lingkungan dengan memasang komitmen yang tinggi dan rencana tindak lanjut yang lebih terukur hasil dan dampaknya. Kita harus lebih fokus pada solusi," tutur Bupati. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada sekolah Adiwiyata di Kabupaten Bantul, apresiasi monitoring evaluasi pendampingan fasilitator DLH tahun 2024, pemberian kendaraan roda tiga, dan pemberian gerobak sampah dan ember tumpuk bagi kelompok masyarakat,  Bumkal, dan Pokdarwis. (Fza)