•  05 Juni 2024
  •    
  •  892
Industri Kreatif Butuh Inovasi dan Pembaharuan Ide

Kampung Madani merupakan suatu kawasan dan dihuni oleh masyarakat untuk menata kehidupan dengan mengedepankan sikap tenggang rasa, saling menghargai, serta membangun jejaring untuk mencapai kesejahteraan bersama. 

Desa Wukirsari, Kapanewon Imogiri, diresmikan sebagai Kampung Madani Klaster Usaha Kerajinan Kulit, pada Selasa (4/6/2024). Peresmian dilakukan di Joglo PAUD Karangasem, Wukirsari, Imogiri. 

Pimpinan Cabang PNM (Permodalan Nasional Madani) DIY, Danang Setyabudi mengatakan bahwa saat ini PNM melakukan pendampingan UMKM di Kabupaten Bantul dengan 32 nasabah aktif. Tidak hanya finansial, namun juga pendampingan intelektual dengan memberikan berbagai pelatihan, serta pendampingan modal sosial. 

“Selain modal finansial, kami juga melakukan pendampingan intelektual dengan berbagai pelatihan sehingga diharapkan para nasabah bisa naik kelas. Selain itu juga pendampingan modal sosial berbasis kelompok,” lanjut Danang. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa Bantul merupakan kabupaten yang kreatif. Terbukti adanya berbagai sentra yang tersebar di Kabupaten Bantul, antara lain sentra keramik, kulit, bambu, kayu, dll. Walaupun bahan baku harus mendatangkan dari daerah lain, namun tangan-tangan terampil dan kreatifitas warga Bantul mampu membuat berbagai kerajinan menarik dengan nilai jual tinggi. 

Bupati juga mengajak ibu-ibu yang hadir untuk lebih menggali kreatifitasnya. “Saya mengajak para ibu untuk terus menggali kreatifitasnya, karena industri kreatif membutuhkan pembaharuan ide dan gagasan. Pemerintah akan selalu mendukung dan terus mengembangkan jejaring dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kepedulian untuk membangun perekonomian bangsa,” pungkas Halim. (Pg)