•  05 Juni 2024
  •    
  •  1115
Satu-satunya di DIY, Pemkab Bantul Raih Penghargaan Abipraya Prasasya dari Kemenkes

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, SKM., M.Kes mewakili Bupati Bantul menerima penghargaan Abipraya Prasasya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Selasa (4/6/2024) di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl.H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Pemberian penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah yang telah menetapkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan melakukan aktivasi penggunaan dashboard e-monev KTR. Kabupaten Bantul menjadi satu dari sembilan Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan tersebut. Penganugerahan ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2024 yang mengusung tema Lindungi Anak dari Campur Tangan Industri Produk Tembakau.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr. Yudhi Pramono, MARS., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini guna menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi anak dan remaja dari taktik industri produk tembakau, mendorong dan meningkatkan peran masyarakat dalam pengendalian konsumsi produk tembakau, serta meningkatkan komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam pengendalian konsumsi produk tembakau.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam sambutanya menuturkan bahwa upaya promotif preventif perlu digalakkan utamanya dikalangan generasi muda. Menurut Menkes, mengubah paradigma dikalangan anak muda agar tidak merokok adalah hal yang lebih penting. Dikatakan Menkes, aturan atau regulasi rokok bukanlah alat yang powerfull dalam upaya mengurangi konsumsi rokok masyarakat. Akan tetapi yang lebih efektif adalah menciptakan sebuah gerakan.

“Tugas regulator kesehatan adalah menjaga bagaimana rakyatnya tetap sehat, bukan mengobati rakyatnya saat sakit, itu sudah telat. Bagaimana membuat rokok tidak jaya, bagaimana kita ubah mindset anak muda kita bahwa merokok itu tidak cool, dan paling penting yang harus kita terapkan, pertama kita harus benar-benar masuk ke promotif preventif jaga hidup kita dan jangan merokok,” terang Menkes.

Kabupaten/Kota penerima penghargaan Abipraya Prasasya antara lain Pemkab Bantul, Pemkot Banda Aceh, Pemkot Bandar Lampung, Pemkab Empat Lawang Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Kabupaten Madiun Jawa Timur, dan Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. (Fza)