•  04 Juni 2024
  •    
  •  1058
Tingkatkan Kapasitas Anggota, KSP KORPRI Abdi Negara Gelar Pendidikan Perkoperasian

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang perkoperasian bagi anggota koperasi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) KORPRI Abdi Negara Kabupaten Bantul menggelar kegiatan Pendidikan Perkoperasian dan Rapat Anggota pada Selasa (4/6/2024) bertempat di Mandala Saba Madya, Komplek Parasamya.

Ketua KSP KORPRI Abdi Negara, Drs. Riyantono, M.Si., dalam laporannya menekankan pentingnya pelaksanaan prinsip dasar koperasi dan tujuan koperasi yakni untuk kesejahteraan anggotanya.

“Yang akan kita capai bersama adalah bagaimana agar kita bisa mensejahterakan anggota koperasi. Oleh karena itu, menjadi wajib dan pokok kita dituntut untuk bisa mandiri dalam mengelola koperasi ini.  Selaras dengan itu, kita mencoba untuk meningkatkan kemampuan kita, para anggota untuk bisa bersinergi dalam membangun KSP KORPRI Abdi Negara,” kata Riyantono.

Sementara itu, mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Assisten Administrasi Umum Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bagi sebuah organisasi atau Lembaga. Yakni kapasitas yang mumpuni dari para anggotanya, keberanian dalam pengambilan Keputusan serta prinsip kejujuran yang harus selalu dipegang.

“Kegiatan ini menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk selalu meningkatkan kapasitas, karena suksesnya sebuah organisasi atau sebuah lembaga itu ada tiga hal penting, yaitu kapasitas atau kemampuan dari anggotanya harus selalu ditingkatkan melalui sebuah pembelajaran. Kedua, keberanian untuk mengambil sebuah keputusan yang harus dilakukan, ketiga kejujuran dan jangan lepas dari doa, hubungan dengan Tuhan harus selalu dijaga,” tutur Pulung.

Beliau berharap dari kegiatan ini akan terjadi diskusi yang intens sehingga betul-betul dapat terjadi peningkatan kapasitas. Selain itu, variasi pengembangan model usaha juga perlu dilakukan guna menjawab tantangan perubahan zaman.

“Kami berharap KSP Abdi Negara perlu dilakukan variasi-variasi pengembangan tidak hanya simpan pinjam. Sehingga koperasi ini akan lebih bervariatif,” imbuhnya.

Narasumber kegiatan ini adalah Plt. DKUKMPP, Husin Bahri, S.E, M.A.P., yang menyampaikan tentang kebijakan pemerintah dalam upaya pengembangan koperasi Kabupaten Bantul dan Bibit Rustamto, S.H yang memaparkan materi tentang upaya peningkatan kinerja koperasi dan kesejahteraan anggota koperasi di tengah persaingan usaha. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi para anggota KSP KORPRI Abdi Negara. (Fza)