•  03 Juni 2024
  •    
  •  1103
Merti Dusun Loputih, Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karunia-Nya, masyarakat di Dusun Loputih menggelar Kenduri Akbar dalam rangka Merti Dusun Padukuhan Loputih Tahun 2024, di Gedung Serbaguna Dusun Loputih, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, pada Senin (3/6/2024). 

Kegiatan merti dusun ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya untuk melestarikan adat istiadat budaya yang telah ada sejak zaman nenek moyang. Rangkaian Merti Dusun Loputih ini meliputi pengajian mujahadah, doa bersama, pentas seni tari, serta pentas campursari. 

Dukuh Loputih, Ngaderi menyampaikan bahwa di Padukuhan Loputih ini terdapat banyak sekali seni budaya yang dimiliki, sehingga kesemuanya itu harus selalu dilestarikan. Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat agar selalu bersemangat untuk melestarikan budaya lokal di Padukuhan Loputih. 

“Kami mohon doa restu agar Padukuhan Loputih ini selalu guyub, rukun, aman, damai dan sejahtera masyarakatnya,” kata Ngaderi. 

Selanjutnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengajak semua masyarakat untuk selalu melestarikan budaya gotong royong dalam segala aspek kehidupan. Selain itu, beliau juga mengajak para orang tua agar selalu memperhatikan pendidikan anak-anaknya. 

“Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini memberikan berbagai dampak dalam kehidupan kita, terutama anak-anak. Mari bersama memperhatikan anak-anak kita agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan teknologi,” kata Halim. (Pg)