•  22 Mei 2024
  •    
  •  167
HUT IGTKI Ke-74, Paud dan TK Punya Peran Krusial Dalam Mendidik Karakter Bangsa

Pendidikan ditingkat Paud dan Taman Kanak-kanak memang belum termasuk dalam program wajib belajar. Namun kontribusi para pendidik ditingkat Paud dan TK memiliki peran krusial dalam membentuk pondasi kecerdasan dan karakter anak-anak bangsa.

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter  anak bangsa. Oleh karena itu, kesejahteraan para pengajar menjadi penting untuk diperhatikan agar dapat memberikan pendidikan yang optimal. Hal ini dikatakan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, saaat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IGTKI ke-74 pada Rabu (22/5/2024) di Aula Komplek Pemda II Bantul.

“IGTKI telah tulus ikhlas mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua guru TK haruslah mendapat kesejahteraan yang layak agar dapat lebih fokus dalam memberikan pendidikan yang optimal,” tutur Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bantul mendukung penuh keberadaan Paud dan TK yang ada di Kabupaten Bantul. Pemkab berkomitmen dengan rencana jangka panjang untuk terus meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

“Tidak ada keraguan sedikitpun bagi Pemkab Bantul untuk terus mendukung keberadaan PAUD, TK yang ada di Bantul dengan support tidak hanya lembaganya namun juga para pengajarnya. Maka kita punya rencana jangka panjang, insentif harus terus kita tingkatkan sehingga kesejahteraan guru-guru TK ini dapat secara bertahap akan terus meningkat,” lanjut Bupati.  

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Bantul, Drs. H. Totok Sudarto, M. Pd, dalam sambutannya mengatakan saat ini telah berdiri dan sedang dalam proses pembangunan TK di 17 Kapanewon di Kabupaten Bantul. Ia meyakini bahwa pendidikan tingkat Paud dan TK merupakan wadah untuk membentuk karakter anak menjadi pribadi yang baik dan pendidikan karakter inilah yang menjadi tonggak untuk menciptakan generasi yang berkualitas dimasa mendatang.

“Impian kita ini setiap kapanewon ini punya TK, dan alhamdulillah sudah berdiri dan dalam proses 17 Kapanewon sudah ada TK nya dimasing-masing wilayah. TK itu tempatnya mendidik untuk menjadi anak-anak baik,” ucap Totok.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bunda Paud Kabupaten Bantul, Ibu Emi Masruroh Halim dan  Ibu Ketua Pokja Ibu Paud Kabupaten Bantul, Ibu Dwi Joko Purnomo. (Fza)