•  20 Mei 2024
  •    
  •  100
Menuju Pilkada 2024, 85 Calon Anggota PPK Dilantik

Sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kapanewon (PPK) dari 17 Kapanewon untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bantul tahun 2024 secara resmi dilantik pada hari ini. Acara yang berlangsung di Gedung Induk Lantai 3 Kompleks Parasamya, Kamis (16/05/2024). Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo dan disaksikan oleh Ketua KPU Kabupaten Bantul dan jajaran Forkopimda se-Kabupaten Bantul.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti dengan hikmat oleh seluruh hadirin. Setelah itu, Wakil Bupati memimpin pengambilan sumpah/janji jabatan para anggota PPK. Dalam sumpah tersebut, para anggota berjanji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya, jujur, adil, dan transparan demi terselenggaranya pemilihan yang demokratis dan bermartabat.

“Saya berharap dengan dilantiknya PPK ini, proses tahapan Pilkada selanjutnya akan lebih baik, tertib, damai, dan lancar,” tutur Wakil Bupati. 

Setelah pengambilan sumpah/janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas. Penandatanganan ini merupakan komitmen para anggota PPK untuk bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip integritas, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta menjaga netralitas dan profesionalisme selama proses pemilihan berlangsung. Ketua KPU Bantul, Joko Santosa, S.H.I, M.H.I.  menekankan pentingnya integritas dalam pelaksanaan tugas PPK guna memastikan setiap tahapan pemilihan berjalan lancar dan sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya berpesan jadikanlah sumpah janji tidak hanya sekedar kata-kata, tetapi menjadi landasan disetiap pekerjaan pada tahapan Pilkada,” 

Dengan resmi dilantiknya 85 anggota PPK ini, persiapan menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bantul tahun 2024 semakin matang. Masyarakat Bantul pun berharap pesta demokrasi lima tahunan ini akan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Bantul. (Ans)