•  19 Mei 2024
  •    
  •  237
LKS dan LKSA, Garda Terdepan Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial

Penanggulangan masalah kesejahteraan sosial secara tepadu dan pencapaian Bantul sebagai kabupaten layak anak, ramah perempuan, lansia dan difabel menjadi misi kelima Kabupaten Bantul. Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) menjadi salah satu pihak yang mendukung pencapaian misi tersebut.

Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) LKS Kabupaten Bantul dengan tema ‘Dukungan Pemerintah Kabupaten Bantul di Bidang Pendidikan, Dokumen Kependudukan, dan Jaminan Kesehatan bagi LKS se-Kabupaten Bantul’ yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati pada Sabtu (18/5/2024) sebagai salah satu bentuk komunikasi antara pemerintah dan LKS/LKSA untuk mencari solusi terkait berbagai permasalahan yang ada.

Ketua Forum LKS/LKSA, Surahman mengatakan saat ini masih terjadi berbagai permasalah terkait akses pendidikan dan kesehatan pada keluarga yang kurang mampu. Forum ini diharapkan dapat memberikan solusi dan membawa maslahat dan manfaat bagi semua.

“Saat ini masih banyak kendala dan kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Pada bidang pendidikan juga masih banyak yang terkendala dengan jarak sekolah yang jauh. Adanya forum ini diharapkan pemerintah lebih memberikan perhatian kepada masyarakat terutama anak-anak pra sejahtera agar mendapatkan berbagai fasilitas dengan mudah, dan mengakses pendidikan formal maupun non-formal yang cukup baik,” harap Surahman.

Sementara itu Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjelaskan tentang kebijakan pemerintah terkait bantuan sosial dan kesehatan. Beliau menjelaskan bahwa pemberian bantuan berdasarkan NIK, sehingga anggaran bantuan sosial milik Pemerintah Kabupaten Bantul juga akan kembali kepada masyarakat Bantul. Namun di atas semua peraturan yang ada, masih ada sisi kemanusiaan, sehingga nantinya diharapkan forum ini dapat memberikan solusi bagi masalah-masalah yang saat ini belum terpecahkan.

Sedangkan terkait pendidikan, beliau juga menambahkan bahwa saat ini pemerintah telah memiliki berbagai aturan terkait jalur masuk siswa di sekolah. Hal tersebut dimaksudkan agar semua anak-anak bisa terakomodir dan mendapatkan fasilitas pendidikan yang baik dan merata.

Pada akhir sambutannya, bupati juga memberikan apresiasi kepada LKS dan LKSA di Kabupaten Bantul. “Apresiasi kepada pengelola dan pengasuh LKS/LKSA di seluruh Kabupaten Bantul. Semoga semakin berdaya dan memberikan manfaat yang nyata bagi kemanusiaan dan penanggulangan masalah kesejahteraan sosial,” pungkas Halim. (PG)