•  15 Mei 2024
  •    
  •  168
1044 Jamaah Calon Haji Kabupaten Bantul Pamitan

Sebanyak 1044 jamaah calon haji Kabupaten Bantul berpamitan kepada Bupati di Pendopo Parasamya pada Senin (6/5/2024). Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mewakili Bupati Bantul menyampaikan selamat kepada jamaah calon haji. Menurut Wakil Bupati, fasilitasi penyelenggaraan ibadah haji ini menjadi bagian penting untuk mewujudkan Bantul yang sejahtera, demokratis dan agamis.

“Mewakili pemerintah kabupaten kami mengucapkan selamat berhaji, kita wujudkan Bantul yang agamis untuk mewujudkan kerukunan, kedamaian, dan kenyamanan dalam kita melaksanakan ibadah. Pemerintah kabupaten bersyukur tahun ini ada 1044 jamaah yang berangkat ke tanah suci untuk menunaikan Rukun Islam yang ke-5. Ini merupakan bagian penting untuk mewujudkan Bantul yang projotamansari, sejahtera, demokratis, agamis,” tutur Wakil Bupati.

Sementara itu, Pambudi Arifin Rakhman, S.I.P., selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, dalam laporannya menyampaikan jika maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pamit calon haji ini adalah guna mempererat silaturahmi antara sesama jamaah dengan pemerintah Kabupaten serta sebagai sarana untuk saling mendoakan agar perjalanan haji dapat berjalan dengan lancar dan dapat kembali ke tanah air sebagai haji yang mabrur.

“Sebagai sarana untuk saling mendoakan agar perjalanan haji berjalan dengan lancar, diberikan kesehatan, dan kemampuan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dan dapat kembali ke tanah air sebagai haji yang mabrur,” kata Pambudi.

Jumlah jamaah calon haji Kabupaten Bantul tahun 2024 adalah sebanyak 1.044 jamaah, yang terdiri dari jamaah perempuan sebanyak 572 jamaah dan jamaah laki-laki sejumlah 472. Nantinya, para jamaah calon haji akan terbagi menjadi lima kloter yang akan diberangkatkan paling awal pada tanggal 24 Mei 2024 dan terakhir tanggal 9 Juni 2024.

Di antara calon jamaah Kabupaten Bantul tahun ini terdapat jamaah calon haji tertua atas nama Ibu Radjiyem yang berusia 94 tahun dari Kalurahan Srimulyo, Piyungan. Sementara jamaah calon haji termuda berusia 22 tahun dari Kalurahan Panggungharjo, Sewon. Pamit calon haji perwakilan jamaah disampaikan oleh Panewu sewon, Hartini, S.I.P., M.M. (Fza)