•  28 Maret 2024
  •    
  •  171
HUT Ke-21, RSUD Panembahan Senopati Luncurkan Dua Layanan Baru

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati merupakan salah satu asset penting bagi pemerintah dan masyarakat. Tahun ini RSUD Panembahan Senopati genap berusia 21 tahun. Dengan mengusung tema “21 Tahun Mengabdi: Semangat Berhasil Guna dan Berdaya Guna Menuju Pelayanan Prima”, dengan tujuan untuk memberikan pesan kepada semua civitas hospitalia RSUD Panembahan Senopati Bantul agar terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat secara efektif dan efisien.

Direktur RSUD Panembahan Senopati, dr Atthobari, MPH., pada acara Apel Akbar HUT RSUD Panembahan Senopati Bantul Ke-21 tahun 2024 yang digelar pada Kamis (28/3/2024) di Area Parkir timur RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan prima sesuai dengan misi dan nilai-nilai RSUD Panembahan Senopati.

“Pelayanan prima adalah tingkatan pelayanan tertinggi yang dapat diupayakan dan dicapai oleh institusi pelayanan publik. Oleh karena itu sesuai dengan misi rumah sakit yang pertama, yaitu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Untuk meraih pelayanan prima kepada masyarakat harus sesuai dengan nilai-nilai yakni jujur, rendah hati, kerjasama, professional, dan inovasi,” kata Atthobari.

Menjadi tradisi RSUD Panembahan Senopati dalam setiap ulang tahunnya meresmikan tambahan layanan baru. Tahun ini layanan baru yang diluncurkan adalah layanan Ruang Cath-Lab dan layanan Bedah Saraf. Ruang Catheterization Laboratory/Cath-Lab atau disebut juga ruang kateterisasi jantung dan angiografi merupakan ruangan untuk melakukan pemeriksaan/tindakan medis  menggunakan sinar-x. Alat ini dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail. Layanan bedah saraf adalah cabang kedokteran yang berkaitan dengan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit atau gangguan pada sistem saraf.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, SKM., M.Kes., mewakili Bupati Bantul membuka kegiatan apel dan meresmikan layanan baru tersebut. Agus berharap dengan diluncurkannya dua layanan baru ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan.

“harapannya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan bisa semakin dicukupi di RSUD Panembahan Senopati. Dengan Cath-Lab itu metode intervensi atau terapi untuk kasus-kasus tersumbatnya pembuluh darah itu bisa semakin cepat tertangani dan cepat pulih,” kata Agus.

Lebih lanjut, Agus berharap agar layanan Cath-Lab dan layanan Bedah Saraf ini dapat tercover oleh BPJS Kesehatan agar dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas. Ia juga menekankan jika inovasi seperti ini harus selalu dihadirkan guna menjawab tantangan dan tuntutan layanan kesehatan masyarakat.

“kita berharap BPJS bisa menaungi ini. Jadi BPJS bisa membersamai kita untuk melayani masyarakat dengan melakukan kerjasama karena tentu dengan BPJS jangkauan layanan akan semakin luas. Inovasi-inovasi seperti ini yang harus selalu kita lakukan karena tantangan kesehatan dan tuntutan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat akan semakin banyak,” imbuh Agus. (Fza)