•  20 Maret 2024
  •    
  •  687
Pemkab Bantul Bersinergi dengan Polres dan Kodim dalam Hadapi Idul Fitri 1445 H

Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bantul dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan, malam Takbiran dan Idul Fitri 1445 H di Ruang Mandala Saba, Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya Bantul, Senin (18/03/2024).

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada kepolisian dan TNI yang selama ini telah memberikan kontribusi dalam hal pengamanan kegiatan pada awal bulan ramadhan ini sehingga hal-hal yang dikhawatirkan tidak terjadi. 

“Hari ini kita sudah memasuki bulan ramadhan dimana kegiatan masyarakat intensitasnya semakin meningkat, terutama dalam kegiatan keagamaan. Oleh karenanya kita harus mengantisipasi tindak-tindak kejahatan saat naiknya intensitas kegiatan tersebut, tidak hanya menjelang Idul Fitri, tetapi juga saat malam Takbiran,” ujar Bupati.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R. Risakotta menuturkan berdasarkan data Polres Bantul, Ramadhan tahun lalu terdapat beberapa kejadian yang diantisipasi Ramadhan tahun ini. Salah satunya kejahatan jalanan. 

“Kita selalu mengadakan patroli gabungan bersama personel Kodim, Koramil, dan Polsek setempat setiap malam Minggu demi tertibnya pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadhan,” tutur AKBP Michael.

Selain itu, Kapolres menuturkan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam menghadapi Idul Fitri dan malam Takbiran. Seperti misalnya penggunaan petasan, knalpot yang tidak sesuai standar, dan juga penggunaan sound system yang berlebihan. 

“Kami dari kepolisian sudah berdiskusi dengan Dandim untuk memberikan batas Takbiran hingga jam 12 malam. Dan kami pastikan tidak ada peredaran miras dan obat terlarang menjelang Takbiran dan Idul Fitri,” tegas AKBP Michael.

Komandan Kodim 0729/Bantul, Letkol Inf. Muhidin sebagai Komandan satuan komando kewilayahan (satkowil) berkomitmen untuk memelihara stabilitas di wilayah selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul dan Polres Bantul

“Kami akan berkoordinasi dengan Kapolres bagaimana skenario pengamanan rangkaian kegiatan ramadhan. Terkait kesiapan, Kodim 0729/Bantul bersinergi dengan Polres Bantul siap untuk mengamankan rangkaian kegiatan ramadhan, Paskah, Takbiran hingga nanti pelaksanaan Idul Fitri 1445 H,” tutur Letkol Inf. Muhidin. 

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut hadir dalam acara memberikan usulan agar ormas keagamaan untuk membuat edaran yang diberikan kepada masjid-masjid yang ada di Kabupaten Bantul untuk bisa melaksanakan apa yang menjadi komitmen bersama. Selain itu, wakil bupati mengusulkan untuk penghitungan ulang tentang kebutuhan kaitannya dengan pengamanan. 

“Termasuk kaitannya dengan pengamanan Paskah hingga hewan qurban karena saat ini sedang terjadi wabah Antrax,” tandas Wakil Bupati. (Ans)