•  07 Maret 2024
  •    
  •  732
Ada Estafet Kepemimpinan Anyar di Markas Kodim 0729, Siap Bersinergi dengan Pemkab dan Masyarakat

Lama mengabdi selama satu tahun delapan bulan sebagai Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul, Letkol Inf Arif Hermad, kini harus siap berpindah tugas sebagai Pabandya-2/Latma Non ASEAN Spaban VI/Kerlamat Non ASEAN Slatad. Sementara itu, tongkat estafet kepemimpinan Komandan Kodim 0729/Bantul yang baru diserahkan kepada Letkol Inf Muhidin yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif Raider 112/DJ Kodam Iskandar Muda.

Pergantian pimpinan ini merupakan bagian dari proses regenerasi dalam rangka tour of duty dan tour of area sehingga organisasi menjadi lebih dinamis. Pun demikian, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, percaya Kodim 0729/Bantul akan tetap siap mengawal program-program pemerintah di Kabupaten Bantul, baik itu program Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah DIY, maupun Pemerintah Kabupaten Bantul. Terlebih, sinergi yang terbangun selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Terima kasih banyak atas dedikasi Letkol Inf Arif Hermad selama ini. Dan untuk Letkol Inf Muhidin, selamat datang di Bantul, selamat berkiprah dan mengabdi di Bumi Projotamansari. Kita tahu bahwa TNI memiliki fungsi tidak hanya pertahanan semata, tetapi memiliki fungsi sosial kemasyarakatan yang selama ini sangat lekat dan menempel kepada TNI,” tutur Bupati saat malam pisah sambut Komandan Kodim 0729/Bantul di Pendopo Manggala Parasamya, Rabu (6/3/2024).

Sebagaimana sinergi yang selama ini dibangun antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Kodim 0729, telah banyak proyek-proyek infrastruktur yang berhasil dibangun di Bantul, terutama infrastruktur pedesaan.

“Terakhir kemarin bersama Letkol Inf Arif Hermad dan jajarannya, kita berada di Muntuk Dlingo, untuk membangun jembatan yang menghubungkan antara Kalurahan Muntuk dan Kalurahan Temuwuh. Keberadaan jembatan ini sudah diidam-idamkan masyarakat di sana sejak tahun 1982 dan baru terwujud sekarang,” imbuh Bupati.

Tidak hanya infrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur lain yang betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah instalasi air di wilayah yang kerap didera kekeringan. Sinergi-sinergi semacam inilah yang diharapkan akan terus terbangun antara Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Kodim 0729/Bantul karena sejatinya masih banyak PR pembangunan yang perlu digarap di Bantul. (Els)