•  06 Maret 2024
  •    
  •  492
Mewujudkan Bantul Bersih Sampah, Bappeda Tingkatkan Kerja Sama dengan Dunia Usaha

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu, CSR perusahaan hadir membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial. Menyadari kontribusi CSR, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Bappeda menyelenggarakan pertemuan forum CSR yang diselenggarakan di Krisna Meeting Room Hotel Lynn Yogyakarta pada Senin (4/4/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari unsur asosiasi, BUMN, BUMD, Perbankan, lembaga keuangan non perbankan, perusahaan umum, dan perangkat daerah.

Kepala Bappeda Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan forum CSR ini adalah mengapresiasi kepada pihak dari dunia usaha yang telah berpartisipasi dalam CSR dengan memberikan kontribusi terhadap kegiatan-kegiatan yang berdampak pada kepentingan masyarakat, meningkatkan motivasi kepedulian, kemampuan dan tanggung  jawab dunia usaha dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial yang membantu meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemenuhan pembangunan berkelanjutan secara aktif, efektif, masif, dan berkelanjutan.

“Anggaran APBD ada keterbatasan sehingga untuk mempercepat realisasi program-program yang langsung menyentuh ke masyarakat, baik itu kesehatan, pendidikan, ekonomi, bahkan juga bidang lingkungan juga memerlukan peran serta CSR,” ujar Ari

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menuturkan beberapa tahun terahkir ini sampai tahun 2025 di Kabupaten Bantul masih memfokuskan diri untuk memfokuskan program pembangunan daerah itu untuk mengatasi problem lingkungan hidup terutama sampah dan limbah karena pembicaraan tentang pembangunan berkelanjutan itu selalu terkait dengan masalah lingkungan hidup.

“Kita tidak ingin mewariskan bumi yang kita tinggali pada anak-anak cucu kita di masa depan itu dalam keadaan yang rusak, Kita ingin lingkungan hidup kita hari ini dapat kita pastikan akan tetap layak, tetap produktif bagi kehidupan anak-anak dan cucu-cucu kita di masa yang akan datang,” tutur Bupati.

Ia juga menyampaikan harapan kebersamaan terhadap pihak-pihak CSR bisa terus lestari demi masyarakat Bantul yang sejahtera, demi Bantul yang lingkungan hidupnya semakin sehat, semakin layak untuk dihuni oleh masyarakat Bantul sampai ke anak cucu. (Ag)