•  04 Februari 2024
  •    
  •  808
TMMD Tahap 1 Tahun 2024 Sasar Jalur Tembus Muntuk-Temuwuh

Upaya akselerasi pembangunan di tingkat pedesaan terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Salah satunya melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap 1 Tahun 2024 yang menyasar jalan Padukuhan Tangkil, Muntuk, Dlingo tembus menuju jalan Padukuhan Salam, Temuwuh, Gunungkidul. Jalan sejauh 1,2 kilometer ini nantinya akan memperpendek jalur perjalanan yang sebelumnya harus memutar sejauh lebih dari 10 kilometer. 

 

Lurah Muntuk, Marsudi saat memberikan sambutan pada acara Kerja Bakti Pra TMMD tahap 1 Tahun 2024, Jumat (02/02/2024) di Bulak Bonjor, Tangkil, Muntuk, Dlingo mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul atas kepeduliannya kepada masyarakat Muntuk yang memiliki harapan memiliki jalan yang layak dan sesuai standar. Marsudi menuturkan, jalan ini sudah menjadi perhatian pemerintah sejak tahun 1982, tetapi baru tahun ini pembangunan jalan ini dapat terlaksana. 

 

“Sebenarnya, sebelum ini Kapanewon Dlingo sudah diberi akses jalan, salah satunya jalan cinomati. Tetapi elevasi jalan masih belum layak karena aksesnya yang sulit dan cukup berbahaya,” terang Marsudi. 

 

Marsudi juga menuturkan bahwa masyarakat juga sudah siap untuk bergotong royong untuk membangun jalan ini. 

 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul akan terus menyempurnakan pembangunan jalan ini sehingga dapat memperlancar mobilitas lalu lintas, tidak hanya bagi masyarakat Dlingo, tetapi juga masyarakat Gunungkidul. 

 

“Warga Kabupaten Bantul harus memiliki semangat untuk mewujudkan cita-cita. mewujudkan cita-cita tersebut kita harus kompak bersatu, sebab tidak ada keberhasilan tanpa persatuan,“ tutur Bupati.

 

Bupati juga berpesan agar tokoh-tokoh masyarakat harus memiliki pemahaman yang sama agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya untuk pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan non fisik. 

 

“Sehingga saya berharap, tokoh-tokoh masyarakat beserta warga dapat bahu membahu dalam pembangunan jalan ini. Jalan yang baik akan memperlancar akses pendidikan, akses kesehatan dan akses-akses lainnya,” pungkas Bupati. (Ans)