•  07 Januari 2008
  •    
  •  853
RT 07 Dusun Janten Ngestiharjo Kasihan Juara Lomba RT
RT.07 Janten Ngestiharjo Kasihan berhasil keluar sebagai pemenang lomba RT tingkat Kabupaten Bantul 2007. RT ini berhasil menyisihkan 16 pesaingya yang berasal dari para pemenang Lomba RT dari 17 Kecamatan. Sehingga RT ini berhak mendapatkan hadiah pembinaan senilai Rp.5 juta dari Pemkab Bantul. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Wabup Bantul Drs.H.Sumarno PRS di aula Bank Bantul,Senin (7/12).

Dalam sambutannyaWabup Bantul menyatakan bahwa lomba ini diadakan guna mendorong peran masyarakat dalam pembangunan. "Hal ini sesuai dengan tujuan dari otonomi daerah yaitu pemberdayaan, peningkatan peran, serta peningkatan pelayanan pada masyarakat, " katanya. Pengawasan terhadap lingkungan dirasakan lebih efektif jika dilakukan oleh masyarakat sendiri dibandingkan pengawasan oleh pemerintah. Lomba tahun 2008 diharapkan lebih cepat dilaksanakan agar sebelum Hari Jadi Kab. Bantul sudah selesai. Hal ini juga sebagai upaya guna rekonsiliasi di tengah masyarakat dimana tahun 2008 akan dilakukan rekonsiliasi masyarakat sesudah pelaksanaan rekonstruksi akibat gempa.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Drs.Misbakhul Munir mengatakan bahwa lomba ini dievaluasi mulai tanggal 10 sampai 18 Desember 2007 lalu. Tiap harinya ada 2 RT yang dievaluasi. Sedangkan yang materi yang dievaluasi meliputi bidang administrasi, lingkungan dan kesehatan, dan partispasi masyarakat dalam pembangunan. Selengkapnya para juara lomba RT ini adalah : Juara I RT 07 Janten Ngestiharjo mendapatkan hadiah Rp.5 Juta, Juara II RT.01 Kweden Trirenggo hadiah Rp.4 juta, Juara III RT.01 Gunung Kunci Tirtohargo hadiah Rp. 3,5 juta, Juara Harapan I RT.03 Kauman Gilangharjo Hadiah Rp. 2,5 juta, Juara Harapan II RT.09 Celeb Srigading Hadiah Rp. 2 Juta, dan Juara Harapan III RT.05 Tegalrejo Girirejo Hadiah Rp.1,55 Juta. (nc)