•  04 Juli 2009
  •    
  •  514
Posdaya Mendorong Masyarakat Untuk Lebih Giat Bekarya.
Dengan dicanangkannnya Pos Pemberdayaan Keluarga (Popsdaya) di Kabupaten Bantul pada bulan Pebruari 2009 yang diikuti dengan sosialisasi Posdaya ditingkat kecamatan, desa dan dusun se Kabupaten Bantul, maka dapat menjadi sarana pemacu meningkatkan kegiatan warga masyarakat di wilayah Kabupaten Bantul.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. Sumarno. PRS saat memberikan sambutan pada acara Evaluasi Posdaya Tingkat Kabupaten Bantul Dalam Rangka Hari Jadi Bantul ke 178 tahun 2009, di Dusun Karasan Palbapang Bantul, awal Juli 2009.

Kami menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap partisipasi warga masyarakat di Kabupaten Bantul, khususnya di wilayah dusun Karasan Desa Palbapang atas partisipasi yang tinggi pula terhadap program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantul dalam lomba Posdaya kali ini kata Wabub Bantul.

Sementara camat Bantul Tri Muryamini, SIP saat menanggapi Tinm Evaluasi melaporkan bahwa setelah Posdaya dicanangkan di Tingkat Kabupaten Bantul dan disosialisasikan ditingkat desa, maka kami tindak lanjuti dengan pembinaan Posdaya ditingkat desa dan dusun se kecamatan Bantul pula. Pada akhir bulan Juni kami mengadakan lomba Posdaya tingkat kecamatan Bantul, sebagai juara I yaitu Posdaya Dusun Karasan yang diikutsertakan dalam lomba Posdaya tingkat Kabupaten kali ini. ujar Tri Muryamini.

Menurut Kabid Ketahanan Keluarga Kantor BKK, PP dan KB Kab Bantul Dra. Sri Hudani mengatakan bahwa lomba Posdaya tahun 2009 ini baru pertama kali diadakan di tingkat Kabupatenm Bantul maupun DIY, bahkan di Indonesia. Karena sejak awal tahun 2008 Bantul menjadi pilot projek program Posdaya yang merupakan program pemerintah pusat dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan keasejahteraan masyarakat ini oleh Yayasan Damandiri Jakarta.

Lomba Posdaya ini. kata Sri Hudani lagi dikuti oleh 17 Posdaya Dusun mewakili kecamatan se Kabupaten Bantul dan berlangsungb dari tanggal 30 Juni s.d 15 Juli 2009. Sedangkan bidang yang dinilai meliputi bidang pendidikan, ekonomi dan koperasi serta kesehatan dan pemanfaatan lingkungan. Tim Yuri terdiri dari unsur dinas dan instansi terkait di Kabupaten Bantul. (sit)