•  18 Juni 2009
  •    
  •  178
Menko Kesra Aburizal Bakie Launching PNPM Pariwisata di Bantul
Bertempat di pantai Depok, Rabu (17/6) kemarin Menko Kesra Abu Rizal Bakrie melakukan launching PNPM pariwisata bagi pelaku pariwisata di seluruh Indonesia. Program ini diperuntukkan bagi 100 desa di Indonesia dengan nilai Rp. 9-10 milyar. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Ir.Jero Wacik, SE, Wagub DIY Sri Paku Alam X, Bupati Bantul, Drs.HM Idham Samawi beserta tamu undangan lainnya. Sebelumnya kedua Menteri ini juga melakukan penanaman pohon sebagai upaya penghijauan di tempat pariwisata, yaitu di Museum Geospasial Depok.

Abu Rizal mengatakan bahwa program ini diperuntukan agar masyarakat pelaku wisata mampu meningkatkan pendapatannya dari sektor pariwisata. Kami berharap di tahun 2010 program ini akan ditingkatkan lagi bagi 1000 kecamatan dengan nilai Rp.500 milyar dan mampu tersebar di 12.000 desa, kata Abu Rizal.

Sementara itu Menbudpar Jero Wacik mengatakan bahwa Sadar Wisata perlu lebih digalakkan lagi. Pariwisata merupakan industri jangka panjang sehingga perlu menanamkan Sapta Pesona sehingga pengunjung bisa kembali lagi. Jika pengunjung puas dan merasa ada kenangan maka dia akan kembali lagi di masa mendatang, . Sektor Pariwisata harus bisa mensejahterakan masyarakat. Masyarakat Depok diminta menjaga pelayanan yang baik di tempat wisata sehingga pengunjung semakin banyak dan mau membelanjakan uangnya dengan rasa puas.

Bupati Bantul, Drs. HM Idham Samawi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa masyarakat Bantul bertekad akan menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Sehingga pengusaha yang ada di Depok semaksimal mungkin dari tingkat lokal. Dengan kemandirian ini diharapkan pendapatan masyarakat akan terus meningkat di masa mendatang, ujarnya. (nurcholis)