•  04 Juni 2009
  •    
  •  479
Komisi B DPRD Kab Bantul Kunjungi Posdaya Kaswari Imogiri
Komisi B DPRD Kabupaten Bantul melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Kaswari dusun Pundung Mukirsari Imogiri, Jumat (29/5). Dalam sambutannya Ketua Komisi B DPRD Bantul H. Sumiharto, SE, MBA memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas prestasi yang telah dicapai kelompok Posdaya Kaswari selama ini. Semangat gotong-royong dan partisipasi masyarakat menjadi ciri khas harus dilestarikan. Prestasi yang sudah didapat agar dipertahankan, bila mungkin ditingkatkan pada masa mendatang. Dan diharapkan atas prestasi dan nama harum Posdaya Kaswari akan mendorong munculnya kelompok Posdaya-Posdaya berprestasi yang lain di Bantul. harapnya.

Dalam keterangannya Sekretaris Posdaya Kaswari, Ari Murtiastuti memaparkan bahwa geliat Posdaya Kaswari dimulai sejak pasca gempa bumi tahun 2006 lalu yang meluluh lantakkan sebagian besar fasilitas penduduk maupun umum dan membawa korban jiwa yang tak sedikit dari anggota Posdaya. Namun berkat keterpaduan program baik fisik maupun nonfisik, maka saat ini kondisinya sudah pulih kembali, bahkan lebih baik dari semula.Karena keberhasilan program Posdaya Kaswari, maka kami, salah satu kadernya sering diminta sebagai nara sumber dalam seminar Posdaya seperti di IPB Bogor dan di UGM dan di lain tempat. kata Murtiastuti.

Sementara Kasubib Pembinaan Ketahanna Keluarga BKK,PP dan KB Kab Bantul Drs. Lukas Sumanasa M Kes pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa beberapa waktu lalu Wakil Bupati Bekasi ketika melakukan kunjungan OST ke Posdaya Kaswari Pundung memberikan kesan yang mendalam. Bahkan dia mohon ijin untuk menggunakan nama Kaswari sebagai nama Posdaya perdana yang didirikan di Kabupaten Bekasi.

Dikatakan pula oleh Lucas, bahwa saat ini telah terbentuk Posdaya di setiap pedukuhan se Kab Bantul. Dan atas keberhasilan Posdaya Kaswari Pundung tersebut, dipercaya Damandiri Pusat sebagai lokasi Internasional Training Program (ITP) maupun Observation Study Tour (OST). (sit)