•  26 Mei 2009
  •    
  •  589
Kader BKB Bantul Diharap Jadi Kader Militan Bagi Generasi Militan
Para Kader Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Kabupaten Bantul diharapkan akan dapat mencetak para kader militan di Bantul. Karena pendidikan anak usia dini (PAUD) amat membutuhkan peran serta dari masyarakat khususnya para kader kelompok BKB.

Hal tersebut disampaikan oleh Pembinan Kader Kelompok BKB Hj Ida Idham Samawi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sumarni Bejo Utomo didepan peserta pelatihan kader kelompok BKB se Kabupaten Bantul Tahun 2009, Selasa (26/5)."Dengan diadakan pelatihan bagi kader kelompok BKB se Kabupaten Bantul ini diharapkan akan dapat mencetak para kader militan sebagai pencetak generasi militan Bantul dimasa mendatang. Apalagi selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2007, Kristina kader BKB Mekarsari Badegan juara I nasional, 2008 Lyli Wakhidah S.Ag kader BKB Anggrek Sungapan Imogiri dan 2009 Yoaning Erawati kader BKB Mawar Argomulyo Sedayu akan maju lomba ke tingkat nasional. Hal ini membuktikan bahwa para kader di Kabupaten Bantul berkualitas dan bemental militan". kata Sumarni Bejo Utomo.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Ka BKK Propinsi DIY, Ka BKK, PP dan KB Kab. Bantul, dan instansi terkait tersebut Sumarni juga mengatakan bahwa dengan pembekalan tersebut para kader diharapkan akan dapat menjadi kader yang kreatif, cukup berwawasan. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kader kelompok BKB di Kabupaten Bantul dalam rangka pendampingan tumbuh kembang anak usia dini dengan maksimal. "Karena anak usia 0-6 tahun merupakan pereode paling kritis dalam perkembangan anak yang sangat membutuhkan penanganan serius, sehingga anak akan dapat tumbuh kembang secara optimal sebagai dasar yang kokoh dalam pendidikan selanjutnya". tambah Sumarni.

Sementara menurut laporan penyelenggara Drs. Lucas Sumanasa M.Kes menyampaikan bahwa pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh 75 kader kelompok BKB se Kabupaten Bantul dan dibimbing oleh tim fasilitator kader BKB tingkat Kab. Bantul. "Pada tahun 2008 targetnya di tiap desa terdapat dua kelompok BKB dan tahun 2009 tiap desa terdapat tiga kelompok BKB. Hal ini diharapkan agar anak PAUD di Bantul dapat tertangani dengan baik dalam rangka mempersiapkan generasi Bantul yang sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berkepribadian Indonesia". terangnya. (sit)