•  18 Maret 2009
  •    
  •  200
DIPUSATKAN DI BALAI DESA PANJANGREJO PUNDONG Wabup Bantul Membuka STQ Tahun 2009
WAKIL Bupati Bantul Drs H Soemarno PRS, Selasa ( 17/3 ) kemarin di Balai Desa Panjangrejo Pundong Bantul, membuka STQ ( Seleksi Tilawatil Quran ) tingkat Kabupaten Bantul tahun 2009. Pembukaan yang ditandai pemukulan bedug tersebut juga disaksikan dari unsur dinas/instansi terkait tingkat Propinsi DIY dan tingkat Kabupaten Bantul serta Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Ny Hj Soemarno.. Sementara sebelumnya di tempat yang sama, Wakil Bupati Bantul melantik dewan hakim pelaksanaan STQ tinmgkat Kabupaten Bantul yang juga ditandai pengenaan baju hakim. Sebelum pelantikan dewan hakim, juga didahului dengan pawai taaruf dengan menampilkan 17 kafilah dari kecamatan se Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul Drs H Mahmudi Msi selaku panitia penyelenggara melaporkan, STQ tingkat Kabupaten Bantul tahun 2009 yang akan berlangsung selama dua hari terebut antara lain bertujuan untuk peningkatan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al Quran, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWR, serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan menjalin tali silaturahmi. Sedangkan cabang yang dilombakan, adalah cabang tilawah quran golongan dewasa putra-putri serta cabang tahwidzil quran. Meliputi golongan 1 juz dan tilawah putra-putri, golonmgan 5 juz dan tilawah putra-putri, golongan 10 juz, golongan 20 juz, golongan 30 juz, dan cabang tafsir quran golongan bahasa Arab juz 29 dengan hafalan 30 juz putra/putri.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Drs H Soemarno PRS, Bupati Bantul Drs HM Idham Samawi antara lain mengharapkan agar pelaksanaan STQ jangan sekedar formalitas dan rutinitas saja. Akan tetapi, harus diambil makna sebaik-baiknya, yang antara lain menjaring kafilah yang akan dijadikan wakil Kabupaten Bantul kelomba STQ tingkat Propinsi DIY yang akan berlangsung di Kabupaten Sleman bulan April 2009 mendatang. Kabupaten Bantul harus siap mengirimkan kafilahnya, tegas Bupati Bantul Drs HM Idham Samawi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Drs H Soemarno PRS. Seusai pembukaan STQ, dilanjutkan peresmian selesainya pembangunan gedung untuk Kantor Balai Desa Kalurahan Panjangrejo Kecamatan Pundong oleh Wakil Bupati Bantul Drs H Soemarno PRS. Wabup antara lain mengharapkan agar gedung untuk Balai Desa terebut dimanfaatkan sebaik-baiknya, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (sus)