•  14 Januari 2009
  •    
  •  458
Puncak Acara Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 36 Tahun 2008, DISERAHKAN REWARD KEPADA 2 DESA BEBAS 4
Hari Ulang Tahun (HUT) selalu mengandung makna kenangan sekaligus evaluasi. Namun juga momentum untuk merancang perspektif PKK ke depan. Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK diharapkan mampu memberikan motivasi dan menggelorakan semangat para kader PKK agar tetap terus giat meklaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

PKK pada tahun-tahun yang akan datang semakin dipercaya untuk ikut berkiprah dalam program yang diluncurkan pemerintah seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), salah satu diantaranya adalah Program Bantuan Langsung Bersyarat-Komunitas (BLB-Komunitas)

Sebagai salah satu pelaku pembangunan maka tingkatkanlah terus upaya-upaya pemberdayaan keluarga, kembangkan upaya-upaya pembnerdayaan keluarga, gelorakanlah terus semangat kepeloporan dalam ikut mewujudkan kualitas sumberdaya manusia dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Ny. Effy Murdiyanto dalam sambutannya yang dibacakan Ibu Ida Idham Samawi pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 36 di Pendopo Parasamya Sabtu (10/1)

Di Kabupaten Bantul puncak peringatan HKG PKK Ke 36 juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada 23 Kader kabupaten dan kecamatan yang telah mengabdi di PKK selama 15 tahun. Selain 23 kader PKK penghargaan juga diberikan kepada kader Jumantik, Ibu Indarto, warga Semail Bangunharjo Sewon. Kader pendamping minum obat bagi penderita TBC, ibu Ritje Mulyati Ngestiharjo Kasihan serta penyerahan secara simbolis Bidan Kid kepada bidan praktek swasta Hartati, Guwosari Pajangan.

Penyerahan penghargaan juga diberikan kepada dua desa bebas 4 masalah kesehatan DM4MK yakni Desa Karangtalun Imogiri dan desa Sendangsari Pajangan, 8 desa bebas 3 M, 17 desa Bebas 2 M serta 5 desa dalam upaya Penanggulangan Tuberculosis (TBC). Sementara untuk mendukung Puskesmas dalam melaksanakan program DB4MK plus diserahkan 3 (tiga) Mobil Puskesling kepada Puskesmas Bantul II, Puskesmas Pandak II dan Puskesmas Kasihan.

Menurut Sri Umiyati Suryanto, S.Ip. selaku Ketua Panitia Puncak Acara HKG PKK Ke 36 Kabupaten Bantul, mengatakan kegiatan tersebut merupakan berdasarkan Program Kerja TP PKK Kab. Bantul Tahun 2008 dan. Surat TP PKK Pusat tertanggal 7 Desember 2008, Nomor : B.398/ Sekr/ PKK.PST/ XII/2008, Perihal : pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-36 Tahun 2008.

Tema dalam acara tersebut ada dua yakni yang bersifat Sentral : Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita Melangkah Bersama Untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera. Sementara yang Lokal : Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK, Satukan Lagkah Sehatkan Masyarakat, Wujudkan Kelaurga Sejahtera

Tujuan dari diadakannya HUT PKK adalah memasyarakatkan Gerakan PKK dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa serta meningkatkan motivasi dan kesadaran kader dan masyarakat untuk tahu, mau dan mampu melaksanakan program PKK.

Hasil lomba

1. - Lomba Adm PKK Tk Kec.

- Adm PKK Tk Kec

Juara I Sekretaris TP PKK Kec. Dlingo, II Kec. Bgtapan, III Kec. Sedayu.

- Adm Tk Desa

Juara I Desa Baturetno, II Desa Triharjo, III Desa Terong.

- Adm Tk. Dusun

Juara I Kalangan Baturetno, II Bembem Trimulyo, III Kebonkuning Terong.

2. Lomba senam Indonesia Sehat

Juara I PKK Kec, Sanden, II Pleret, Sewon, Harapan I Bblipuro, II Sedayu.

3. Lomba UP2K-PKK

Juara I UP2K-PKK Desa Dlingo, II Tirtonirmolo, III Trimulyo, Harapan I Sabdodadi, II Bgharjo.

4. Lomba Hatinya PKK

Juara I Pkk Desa Srimartani, II Tirtosasri, III Trimurti.

Prestasi yang diraih TP PKK Bantul

Tk Nasional : Juara I lomba masak ikan diwakili PKK Kec Sewon (Ny. Agus Subagyo)

Tk. Prop DIY : Juara I Posyandu, Juara I Lomba kes lingkungan, Juara II PHBS dalam RT, juara II HKG PKK-KB-Kes. (Mwr)