•  16 Desember 2008
  •    
  •  521
Bersama 27 Kapala Daerah se Indonesia, Bupati Bantul Menerima Upakarti Transmigrasi.
Bupati Bantul Drs. HM Indham Samawi menerima penghargaan dibidang transmigrasi berupa Upakarti Transmigrasi dari Menteri Tenagakerja dan Transmigrasi Dr Erman Suparno, MBA, pada acara ramah tamah di Kantor Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalibata Jakarta, Kamis malam (11/12).

Menurut Kepala Nakertrans Ir. Sugeng Sudaruno, penerimaan penghargaan tersebut bersamaan dengan Hari Bhakti Transmigrasi ke-58 Tahun 2008 bersama dengan 16 Kepala Dearah pengirim transmigran diantaranya dari Propinsi DIY, DKI, Jabar, Jatim, Madura, NTB dan NTT serta 11 Kepala Daerah penerima transmigran diantaranya dari Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Dikatakan puka bahwa penerimaan penghargaan oleh Bupati Bantul ini karena Bupati Bantul dinilai sangat peduli terhadap perkembangan masyarakatnya, sangat konsen terhadap upaya pengentasan kemiskinan serta wawasan kebangsaannya sangat kental. Dana untuk semua kegiatan tersebut dibiayai dengan APBD Kab. Bantul. Dalam upayanya dibidang pengentasan kemiskinan dengan jalan memindahkan warganya ke daerah transmigrasi bukan merupakan pemindahan kemiskinan ke daerah transmigrasi, namun bertujuan untuk memperkuat NKRI.

Sedangkan indikator dari penilaian terhadap prestasi Bupati Bantul dibidang transmigrasi adalah, dalam mempersiapkan transmigran 1. Calon transmigran adalah KK miskin, 2. Pelatihan dilakukan sesuai dengan kebutuhan daerah tujuan, 3. Diberikan bantuan peralatan dan bibit tanaman sesuai kebutuhan daerah tujuan, 4. Pemantauan transigran dilakukan secara periodik yaitu setiap setahun sekali. (Sit)