•  29 Oktober 2008
  •    
  •  229
Bantul Agroekspo 2008 dan MUNAS MPTHI VI Meriah
Bantul Agroekspo merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Ir. Edy Suhariyanta,MMA, kegiatan ini dimaksudkan sebagai media promosi produksi pertanian dan penyebarluasan informasi teknologi di bidang pertanian kepada masyarakat, dengan harapan agar kegiatan agribisnis di Kabupaten Bantul mampu berkembang dan berdaya saing. Pada event kali ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya karena juga untuk menyambut Munas MPTHI Masyarakat Perlindungan Tanaman dan Hewan Indonesia ke VI dan tempat atau lokasi penyelenggaraannyapun berada di Kompleks Pasar Seni Gabusan Bantul. Masyarakat yang ingin membutuhkan informasi dan keperluan dalam budidaya pertanian bisa terakomodasi lewat event ini.

Bantul Agroekspo 2008 diselenggarakan juga dalam rangka menyambut Munas (MPTHI), di, dimulai tanggal 25 Oktober 2008 sampai dengan 30 Oktober 2008 ( selama 6 hari). Acara pembukaan telah dilangsungkan pada hari Sabtu, 25 Oktober 2008 jam 09.00 wib oleh Kepala Dinas Pertanian Propinsi DIYogyakarta. Sedangkan untuk Munas MPTHI telah dibuka pada hari Selasa, Tanggal 28 Oktober 2008 oleh Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian RI, dilanjutkan pada sore harinya sekitar pukul 14.00 Menteri Pertanian RI akan mengunjungi Munas MPTHI sekaligus mengunjungi stand-stand yang memeriahkan Bantul Ekspo 2008 serta display teknologi yang berada tidak jauh dari kompleks Bantul Agroekspo.

Jumlah stand peserta Bantul Agroekspo sekitar 170 Stand, meliputi: Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul ( 40 stand), Asosiasi Pasar Tani (40 stand), Dinas Pertanian Propinsi DIY ( 20 stand), Departemen Pertanian RI (Pusat) sebanyak 70 stand. Dalam event ini akan di meriahkan dengan menampilkan Festival Pisang dan juga berbagai hasil penelitian bidang pertanian dan beberapa produsen pupuk dan obat-obatan tanaman pertanian tingkat nasional juga ikut memeriahkan event ini.

Disamping itu juga berbagai jenis komoditas pertanian akan ditampilkan, antara lain : aneka benih padi, aneka bibit pisang seperti pisang raja, ambon, kepok, koja dll, beraneka bentuk sayuran organik, seperti: cabe, terong, sawi, wortel, kacang panjang dll, , juga beraneka macam bentuk buah-buahan, aneka tanaman hias, aneka bibit buah-buahan, aneka bentuk/macam hasil olahan makanan dan minuman seperti: mie lethek, wedang uwuh, madu, jamur dan lain-lain.

Disamping berbagai produk yang di tampilkan di atas, masyarakat juga bisa melihat langsung display teknologi pertanian yang berada di Bulak Balong sebelah barat laut kompleks pasar seni, kalau ingin menuju ke lokasi tersebut sudah ada jalan tembus langsung dari dalam kompleks Pasar Seni Gabusan.

Berbagai budidaya tanaman di tampilkan dalam display tersebut, antara lain: budidaya Timun berbagai varietas, Budidaya Pare, Kacang Panjang, Sawi, Bawang merah, Cabe, Kangkung, Melon, berbgai varietas padi dan lain-lain. Melalui media ini, masyarakat mengetahui secara langsung proses teknologinya, sehingga mudah diadpsi dan di sebarluaskan ke masyarakat luas.

Oleh karena kepada masyarakat Bantul khususnya apalagi yang berkecimpung di bidang pertanian, agar jangan dilewatkan event penting ini untuk mengunjungi stand-stand di Bantul Agro Ekspo, karena disamping menawarkan berbagai komoditas menarik juga bisa menjadi tempat pembelajaran bagi masyaraklat Bantul khususnya. Selamat berkunjung. (Dipertahut)