•  10 Oktober 2008
  •    
  •  575
Pendidikan di Bantul Investasi Jangka Panjang
Dalam Pembangunan di Bantul, sektor pendidikan menempati prioritas. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan Kabupaten Bantul. Diharapkan sektor pendidikan mampu menciptakan anak Bantul yang cerdas dan berakhlak mulia serta berkepribadian Indonesia. Langkah Bantul ini juga sudah ditiru oleh beberapa daerah lain di Indonesia.

Sehingga nantinya anak Bantul mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional dimanapun tempatnya, kata Sekda Drs.Gendut Sudarto, B.Sc,MMA saat menerima kunjungan anggota DPRD Kab. Penajam Paser Utara di R. Rapat Assek, Jumat ( 10/10).

Disisi lain Sekda juga menjelaskan mengenai pencaharian warga Bantul yang sebagian besar masih menggantungkan pada sektor pertanian. Walaupun dari pertanian tidak mencukupi kesejahteraan namun akhirnya masyarakat Bantul juga nyambi di bidang kerajinan yang mampu menembus ekspor, katanya. Sehingga sektor kerajinan mampu mengangkat kehidupan perekonomian rakyat Bantul. Pasar tradisional saat ini juga banyak yang diperbaiki dan dibangun agar menjadi nyaman dan bersih sehingga masyarakat mau masuk ke pasar-pasar yang ada di Bantul. kita juga menolak kehadiran mall agar kepentingan pedagang kecil dapat terlindungi, katanya.

Dalam upaya mendukung sektor kerajinan yang berorientasi ekspor ini, Bantul memberikan kelonggaran pada truk kontainer masuk ke perkampungan industri. Seandainya jalan rusak, maka Pemkab siap membangun kembali. Hal ini sebagai ujud nyata dukungan kita pada sektor industri kerajinan, katanya.

Sementara itu, Ketua rombongan DPRD Kab.Penajam Paser Utara, Nanang Ali, SE mengungkapkan bahwa pihaknya senggaja memilih Kab. Bantul karena Bantul dianggap sudah pengalaman membangun. Sedangkan Kabupaten Penajam Paser Utara berdiri belum lama yaitu baru 7 tahun. Oleh karena itu tepat jika kami berkunjung ke Bantul, kata Nanang. Selain itu pihaknya juga ingin menggali penggalaman secara khusus mengenai kelembagaan dan organisasi di Bantul. (nurcholis)