•  28 Agustus 2008
  •    
  •  525
Gelar Budaya 2008 Menampilkan Dalang Ki Alib Biono
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul akan menggelar "Gelar Budaya 2008" di Pendopo Parasamya, Sabtu Malam (30/8). Pada acara tersebut akan ditampilkan beberapa karya seni hasil karya seniman Bantul, diantaranya tari baru "Cangik", sendratari Sirnaning Katresnan Jati dan wayang kulit semalam suntuk dengan lakon "Gatutkoco Ratu" oleh Ki dalang Alib Biono, S. Sn.

Pada acara tersebut akan diserahkan pula "penghargaan Seni" kepada sepuluh seniman/budayawan Bantul yang telah berjasa terhadap pembinaan dan pengembangan seni-budaya, khususnya di Kabupaten Bantul.

Acara ini sekaligus merupaka puncak acara dan penutupan HUT RI Ke-63 Pemkab Bantul. "Kemasan acara Gelar Budaya ini merupakan gebrakan program baru bidang seni-budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul, yang diharapkan akan menjadi calender of event tetap di Kabupaten Bantul." terang Ka. Disbudpar Kab. Bantul Drs. Suyoto HS, MSi. MMA.

Oleh sebab itu, tambah Suyoto HS, materi seni yang diangkat merupakan karya seni unggulan yang telah mencapai prestasi nasional. Seperti tari Cangik, kreasi Rahmida, juara I pada acara Parade Tari Daerah Tingkat Nasional di Jakarta, Bulan Agustus 2008.

Putra Bantul tersebut juga keluar sebagai koreografer terbaik tingkat nsional sekaligus membawa kontingen tari Propinsi DIY sebagai Juara Umum.

"Kami berharap acara Gelar Budaya ini mampu menginspirasi para seniman/budayawan Bantul untuk terus berkreasi dan berprestasi demi membawa nama harum Kabupaten Bantul." tambah suyoto HS. Diterangkan pula bahwa Bupati Bantul Drs, HM. Idham Samawi terkait dengan dinamika dan perkembangan seni budaya di Bantul yang mengalami kemajuan dengan pesat itu menyatakan dukungannya lewat APBD yang hampir setiap tahun mengalami peningkatan. Terbukti bahwa kegiatan seni budaya di masyarakat tidak pernah vakum disepanjang tahun, seperti upacara-upacara adat, pagelaran seni, pamerana seni rupa/kerajinan dan yang lainnya. (Sit)