•  21 Agustus 2008
  •    
  •  603
Gratis, Operasi Pengangkatan Pen dan Plat Bagi Korban gempa
Gempa Bumi 2006 lalu banyak membawa korban meninggal dan cedera parah bagi masyarakat Bantul. Banyak dari mereka yang terpaksa harus operasi dan dipasangi pen atu plat di tubuh mereka guna membantu upaya pemulihan. Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dalam waktu dekat akan mengadakan operasi pengangkatan pen dan plat bagi korban gempa 2006 lalu.

Demikian dikatakan Kadinas Kesehatan Bantul, dr.Siti Noor Zaenab, M.Kes, Kamis (21/8) usai acara Evaluasi Kadarsi di dukuh Gaduh, Patalan Jetis. Operasi ini akan dilaksanakan mulai bulan September di 11 rumah sakit yang ditunjuk. Untuk itu diminta masyarakat korban gempa yang pernah dipasangi pen dan plat bisa mendaftarkan diri ke puskesmas di masing-masing wilayahnya.

Mengenai biayanya masyarakat tidak usah khawatir karena semua akan digratiskan tanpa dipungut biaya. Padahal biaya kalau operasi bisa sekitar Rp. 4-5 juta. Semuanya akan ditanggung oleh APBD propinsi, ujar Siti Noor Zaenab.

Dalam minggu ini pihaknya melalui Puskesmas sudah mulai mencicil data para korban. Namun demikian pihaknya tetap akan mempersilahkan para korban yang belum terdaftar untuk menyusul. Tetap akan kita layani dan diharapkan semuanya akan sudah selesai bulan Oktober, katanya. Operasi ini terbuka untuk semua umur yang memang setelah dievaluasi dan diperiksa memang perlu diangkat pennya. (nurcholis)