•  14 Agustus 2008
  •    
  •  556
Kirab Obor Nusantara 2008 Disatukan di Bantul
Kirab Obor Nusantara 2008 bakal hadir di Kabupaten Bantul tanggal 17 Agustus 2008 bertepatan dengan puncak peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-63. Sebelumnya obor ini sudah melewati wilayah Gunung Kidul dan akan diserahterimakan dari Pemda Gunung Kidul kepada Pemda Bantul di Lapangan Parangendog. Pelaksanaan kirab obor merah ini akan mengambil rute Parangtritis, Kretek, Manding, Gose dan berakhir di Pendopo Parasamya. Kirab ini juga akan melibatkan beberapa komunitas sepeda di Yogyakarta.

Selanjutnya ada datang juga obor putih yang juga akan hadir di Bantul dengan rute Bandara Adisucipto, Janti Fly over, Ring Road Selatan, Dongkelan, Paseban, Pendopo parasamya, kata Drs.H.Mahmudi, M.Si Ka.Dinas Sosial Kab. Bantul.

Dijelaskannya bahwa pelaksanaan kirab obor nusantara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional 1908-2008. Tema yang diangkat adalah Bersatu Membangun Negeri : Menggugah Semangat Kebangsaan, Menggugah Semangat Kepedulian, katanya. Api penyulutan obor ini dibawa dari Tugu KM. 0 Indonesia Sabang Aceh dan dilepas keberangkatannya oleh Menteri Sosial, tim pembawa obor akan melintasi sejumlah Provinsi sebelum finish di Jakarta pada September mendatang. Selain di Sabang Kirab Obor Nusantara juga dilepas keberangkatannya oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto di Merauke, Papua dan akan sama-sama menuju jakarta.

Paginya tanggal 18/8 setelah disemayamkan semalam, kedua obor selanjutnya akan disatukan di pendopo Parasamya oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Kemudian perjalanan api akan dilanjutkan menuju wilayah Kabupaten Kulon Progo melewati Parasamya, Palbapang, Srandakan, Galur. (nurcholis)