•  05 Agustus 2008
  •    
  •  561
Akses Internet Gratis di Bantul Expo 2008
Ada suasana baru di Bantul Ekspo 2008, karena bagi masyarakat yang suka internet dapat mengakses secara gratis di Arena BE. Banyak pelajar atau masyarakat umum yang mengakses internet tersebut baik melalui stand Kantor Pengolahan Data Elektronik ( KPDE), Stand Telkom , atau pun lewat hot spot area yang bisa diakses bebas.

“ Kami memang ingin masyarakat lebih tahu tentang internet disamping kami mempromosikan produk akses internet Speedy kami. Akses internet murah dan cepat saat ini memang sedang dicari masyarakat, “ kata Suprayitno dari stand Telkom. Makanya pihaknya akan melayani internet gratis selama Bantul Ekspo 2008. Mengingat tempat terbatas stand Telkom hanya menyediakan 2 unit komputer buat akses internet gratis.

Sementara itu minat pelajar terhadap internet semakin tinggi, terbukti dengan banyaknya pelajar yang mengakses internet di stand KPDE. “Pengunjung hanya kita minta untuk mengisi buku tamu dan buku pengguna saja untuk menggunakan fasilitas ini” ujar Yan Arief, Staf PDE. Selain lewat 6 unit desktop komputer yang ada, akses juga dilakukan lewat fasilitas hotspot gratis yang bisa dijangkau seputar areal Bantul Ekspo.

Pengunjung bisa langsung datang ke Gedung Pusat Informasi Bisnis dan Teknologi (PIBT) menggunakan komputer yang tersedia untuk akses internet. Pada event ini KPDE Bantul menambahkan satu access point lagi untuk akses internet di PIBT Bantul. Ada dua SSID yang bisa digunakan yaitu Gabusan_Internet dan PSGNET2.

“Untuk pengunjung yang ingin menggunakan layanan akses internet menggunakan hotspot yang kami disediakan, bisa tersambung internet dengan setting IP address secara automatically pada laptop ataupun perangkat Wi-Fi lainnya” kata Yan. Diluar event Bantul Ekspo 2008, PIBT Bantul juga sering mengadakan pelatihan bagi UKM, Pengrajin, serta masyarakat umum yang materinya mencakup pengenalan komputer, aplikasi perkantoran, pengenalan internet, dan juga dasar pembuatan website. (nurcholis)