•  05 Agustus 2008
  •    
  •  730
Dlingo Kekurangan Air Bersih, DEPAG BANTUL BANTU AIR BERSIH
Musim kemarau yang telah berjalan selama ini, warga wilayah kecamatan Dlingo dan Imogiri Kab. Bantul, khususnya yang tinggal di daerah pegunungan kekurangan air bersih. Air bersih untuk keperluan memasak, minum, mandi, mencuci dan lain-lain, amat sulit didapat. "Untuk itu kami beserta karyawan dan karyawati Departemen Agama Kab. Bantul amat tersentuh untuk dapat memberikan bantuan air bersih kepada warga yang amat membutuhkan tersebut." Kata Drs. Edhi Gunawan, M. Pd. I Kasubag Tata Usaha Kantor Depag mewakili Kakan. Depag Bantul pada acara penyerahan bantuan droping air bersih kepada warga desa Mangunan Dlingo dan Desa Selopamioro Imogiri, di Balai Desa Mangunan Dlingo, Senin (4/8).

Dikatakan pula bahwa, kegiatan ini berkaitan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 177 dan Hari Ulang Tahun RI ke 63 . “Meski bantuan yang diberikan belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat, namun ini merupakan kepedulian terhadap kesulitan yang dirasakan sesama warga Kabupaten Bantul“ tambahnya. Adapun bantuan yang diberikan sebanyak 20 tangki terbagi untuk desa Mangunan 10 tangki dan desa Selopamioro 10 tangki.

Hadir dalam acara tersebut beberapa Kepala Seksi dari Kantor Depag diantaranya Kasi Urais, Kasi PK Pontren, Kasi Haji dan Umroh, Kasi Mapenda dan Penzawa Kantor Depag Bantul. Lurah desa Jiyono menyampaikan bahwa, masyarakat desa Mangunan terbagi dalam enam dusun, rata-rata mengalami kesulitan air, yang terparah empat dusun. Selama ini lurah desa beserta aparatnya telah melakukan upaya penanggulangan masalah tersebut dengan cara mencari sumber air tanah dengan pengeburan air tanah, namun selalu gagal. "Karena upaya pengeburan sumber air bersihpun hasilnya amat sedikit dan tidak dapat memenuhi kebutuhan warga, maka kami berupaya mencari bantuan ke berbagai pihak, termasuk ke dinas dan intansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul dan lembaga yang lain." terang Jiyono.

Dikatakan pula, apabila lembaga, dinas dan instansi tersebut dapat memberikan bantuan seperti yang dilakukan Kantor Depag Bantul ini, maka kami beserta warga amat berterima kasih, karena disaat musim kemarau seperti ini, air merupakan barang yang amat berharga bagi kami. (Sit)