•  28 Juli 2008
  •    
  •  687
Arak-arakan Gong Ageng Bantul Ekspo Hebohkan masyarakat
Arak-arakan Gong ageng ke lokasi Bantul Ekspo 2008 ( BE) , hari ini (28/7) berlangsung heboh. Bahkan iring-iringan tersebut sempat terhenti di beberapa titik karena kesulitan menembus pepohonan dan halangan lainnya. Ribuan Masyarakat pun dengan antusias menyaksikan gong ageng tesebut dalam perjalanannya ke Pasar Seni Gabusan. Tak ayal kondisi ini sempat membuat kemacetan jalan walaupun tak berlangsung lama.

Kami sangat terharu dan merasa bangga akan antusias warga yang turut menyaksikan perjalanan gong terbesar di Indonesia bahkan dunia ini. Semoga ini juga jadi media promosi Bantul Ekspo yang akan dimulai beberapa hari lagi, kata Drs. Bambang Legowo, M.Si. Kepala Humas dan Informasi sekaligus ketua panitia BE.

Sebagaimana diketahui gong besar ini berdiameter lebih dari 6 meter dan dikerjakan selama 27 hari dengan tenaga 6 orang. Kami menghabiskan 45 drum bekas guna membuat gong ageng ini. Berat gong ini ada sekitar 7 kuintal, kata Poniman, sang pembuatnya. Menurut rencana Gong ini akan dicatatkan di Rekor MURI sebagai gong terbesar. (nurcholis)