•  28 Juli 2008
  •    
  •  1236
Gerebeg Selarong Meriah Meski Sederhana
Masyarakat Desa Guwosari, Pajangan, Bantul kembali menggelar Gerebeg Selarong, Ahad (27/07) di pelataran Goa Selarong. Meski hanya mengarak gunungan berukuran kecil namun acara budaya ini disambut dengan antusias oleh warga sekitar dan pengunjung lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Bantul Drs. Suyoto HS, MSi., MMA dalam sambutan pembukaan acara ini mengutarakan, Pemkab telah memperbaiki fasilitas di kawasan wisata Gua Selarong. Didukung masyarakat sekitar yang terus mengembangkan potensi budaya dan alamnya diharapkan kunjungan wisatawan ke Gua Selarong meningkat. "Dengan demikian bisa mengangkat perekonomian warga sekitar," kata Suyoto.

Dalam kesempatan terpisah, Lurah Desa Guwosari Abdul Basyir S.Ag menjelaskan Grebeg Selarong merupakan agenda tahunan yang perlu dilestarikan dan untuk memupuk gotong-royong Merti Dusun dan sedekah. "Acara ini digelar juga sebagai peringatan hijrahnya Pangeran Diponegoro ke Gua Selarong pada Juli 1825," ungkap Abdul Basyir.

Gerebeg Selarong ini diwarnai pula dengan deklarasi Masyarakat Tradisi Selarong, pengajian yang menghadirkan KH Hendri Sutopo, Sholawat Hadroh. Sedangkan dipenghujung acara dilaksanakan kembul bujana dan diakhiri dengan hiburan reog. (admin)