•  02 Juni 2008
  •    
  •  313
SMA N I BANTUL JUARA I LOMBA TANGKAS TRAMPIL, DALAM RANGKA HUT KOPERASI KE 68
Lomba Tangkas Trampil Perkoperasian dalam rangka HUT Koperasi Ke 68 diikuti 18 peserta dari SMK/SMA dan Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se kabupaten Bantul dilaksanakan selama sehari yakni hari Senin (2/6) di Aula Kantor Diperaindag Bantul.

Kepala Kantor Diperindagkop dalam sambutan mewakili Bupati Bantul mengatakan untuk mensosialisasikan koperasi pada warga masyarakat perlu dukungan pemerintah, pendidik dan tokoh-tokoh masyarakat. Koperasi yang merupakan pondasi perekonomian bangsa dan dasar dari usaha mandiri perlu dikembangkan dan dikenalkan kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Bentuk kegiatan yang telah memberi warna pada perjalanan sejarah bangsa tersebut sudah banyak dilupakan dan ditinggalkan sehingga perlu dipupuk lagi agar bisa menjadi pegangang pemuda-pemudi, siswa-siswi dimasa yang akan datang. Dengan lomba tersebut diharapkan membuka wacana kewirausahaan bagi berbagai lapisan yang senang dengan koperasi. Bupati berharap hasil yang akan diperoleh nanti bisa mewakili Propinsi dalam lomba tingkat nasional di Jakarta seperti tahun yang lalu.

Ka. Seksi Pelatihan, Penyuluhan dan Perijinan Koperasi Kantor Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Bantul Drs. Petrus Claver Fernandus yang juga koordinator lomba tangkas trampil dalam laporannya mengatakan tujuan dari lomba adalah memberikan motivasi kepada setiap peserta khususnya dan masyarakat pada umumnya. Disamping itu juga memilih regu terbaik untuk mewakili Bantul dalam lomba tingkat Propinsi pertengahan bulan Juni 2008.

Lomba diikuti 18 peserta/regu yang terdiri 3 anak perwakilan dari 18 sekolah dan madrasah se Kab. Bantul. Pelaksanaan lomba dibagi 2 tahap, tahap pertama tes tulis untuk mengambil 5 nilai terbaik dilanjutkan tangkas trampil untuk menentukan juara I III dan juara harapan I dan II. Materi yang dilombakan UU No. 25 tahun 1992 tentang Koperasi, Sejarah koperasi dunia dan Indonesia, jati diri koperasi dan manajemen koperasi. Lima peserta yang memasuki final akan mendapat piagam 5 penghargaan, 3 untuk peserta 1 untuk sekolah dan 1 untuk pembina. Dalam lomba tersebut memperebutkan uang pembinaan total sebesar Rp. 1.750.000,-

Hasil lomba Juara I SMAN I Bantul dan berhak mewakili Kabupaten Bantul maju ke tingkat propinsi, juara II SMAN I Sewon dan Juara III SMKN I Bantul sementara juara harapan I SMAN 2 Bantul dan Juara harapan II SMAN 1 Dlingo. (mwr)