•  13 Mei 2008
  •    
  •  9453
UPT Balai Latihan Kerja ( BLK) Bantul Adakan Pelatihan
UPT Balai Latihan Kerja ( BLK) Bantul, Selasa (13/5) memulai pelatihan ketrampilan bagi para pencari kerja/penganggur, karyawan serta masyarakat kurang mampu di wilayah Kab.Bantul. Pelatihan kali ini diikuti oleh 176 siswa dengan lama latihan yaitu 180 sampai dengan 240 JPL yang terdiri dari teori 25 % dan praktek 75 %. Acara ini dibuka oleh Assek II Drs.Suryanto serta dihadiri pula oleh PLT Kepala Disnakertrans Bantul Drs.H.A.L Sudaryono, Kepala UPTD BLK Bantul H.Toyib, S.Pd, MM serta Dinas Instansi/Terkait.

Dalam acara pembukaan Assek II Drs. Suryanto mengatakan bahwa para pencari kerja diharapkan mampu berusaha sekeras mungkin dan tak cepat putus asa. “ Semua upaya perlu semangat, ketekunan dan pengorbanan demikian pula dalam mencari kerja. Semua pekerjaan itu baik asalkan halal dan dilakukan dengan penuh semangat. Diharapkan hal ini akan membawa kesuksesan dan keberhasilan bagi pencari kerja, “ kata Suryanto.

Dalam Laporannya Kepala UPTD BLK Bantul H.Toyib, S.Pd, MM mengatakan bahwa setiap tahun mengadakan pelatihan bagi pencari kerja. Pelatihan ini ditujukan agar pencari kerja/penganggur mampu memenuhi pengetahuan dan ketrampilan dan produktifitas kerja, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pencari kerja/karyawan usaha kecil dan menengah. Diharapkan seusai pelatihan para pencari kerja ini mampu mengisi lowongan kerja yang baik Antar Kerja Lokal (AKAL), Antar Kerja Daerah ( AKAD) serta Antar Kerja Antar Negara (AKAN). “ Diharapkan mereka mampu meningkatkan produktifitas kerja, serta mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pekerja, “ kata H.Toyib. Untuk tahun anggaran 2008 pelatihan di BLK akan diikuti oleh 1.116 siswa.

Sedangkan pelatihan yang dibuka meliputi pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi meliputi 4 paket dengan 64 siswa 240 Jpl yaitu Sub Kejuruan Las Listrik, Sub Kejuruan Bordir, Sub Kejuruan Teknik Pendingin serta Sub Kejuruan Furniture, Pelatihan Kerja Berbasis Masyarakat 4 Paket 64 siswa 240 Jpl yaitu Sub Kejuruan Ketok Duco, Sub Kejuruan Komputer, Sub Kejuruan Teknisi HP, Sub Kejuruan Mix Farming, Pelatihan Kerja Keliling ( MTU) 3 paket 48 siswa 180 Jpl meliputi Sub Kejuruan Processing di Desa Caturharjo Pandak, Sub Kejuruan Las Listrik di Desa Bawuran Kec. Pleret, serta Sub Kejuruan Furniture di Desa Kebonagung Kec.Imogiri. (nurcholis)