•  23 April 2008
  •    
  •  781
Panti Tresna Wreda Kasihan Lokasi Puncak Peringatan Hari Kartini Bantul
Puncak peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Bantul berlangusung, Selasa (22/04) di Panti Tresna Wreda, Kec. Kasihan. Peringhatanh Hari kartini tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Kartini tahun 2008 Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial”.

Dalam sambutannya ketua TP PKK Bantul Ny. Hj Ida Idham Samawi mengatakan alasan dipilihnya Panti Tresna Wreda mengingat jumlah lansia di Yogyakarta yang semakin hari semakin bertambah, hal ini dikarenakan Yogyakarta adalah daerah dengan Usia Harapan Hidup (UHH) yang tinggi.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai bentuk perhatian Pemkab Bantul terhadap para lansia agar pada usia tuanya tetap dapat mandiri, sehat dan berguna bagi sesama” demikian disampaian ketua TP PKK Bantul Ny. Hj Ida Idham Samawi.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pengobatan gratis kerjasama dengan Puskesmas setempat untuk para lansia. Selain itu dilaksanakan pula penyerahan bantuan sepeda kepada anak yatim, kursi roda kepada penyandang cacat serta penyerahan tanda kasih kepada warga panti berupa televisi 14’

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia Dra Marwani dari GOW menyampaikan bahwa peringatan Hari Kartini dimaksudkan agar seluruh warga negara Indonesia khususnya generasi muda senantiasa mengenang dan menyegarkan kembali ingatan akan pentingnya pemahaman dan penghayatan serta arti perjuangan Kartain sebagai kebangkitan kaum perempuan.

Dalam rangka Hari Kartini pula panitia telah menyelenggarakan beberapa kegiatan yakni lomba karya tulis naskah pidato bahasa Jawa (sesorah) untuk guru SD/MI se-kabupaten Bantul, lomba penulisan syair mocopat (cakepan) untuk guru SMP/SMA serta pengajian yang dihadiri ibu-ibu ormas perempuan. (twa)