•  19 April 2008
  •    
  •  604
Seratus Delapan Puluh Dua Anggota PKK Kabupaten Bantul IKUTI RAKERDA PKK KABUPATEN TAHUN 2008
Bupati Bantul membuka Rakerda PKK Kabupaten Bantul Rabu (16/4) di Aula Rumah Dinas Bupati. Rakerda tersebut diikuti sebanyak 182 peserta terdiri dari 41 orang Tim Pengerak PKK Tingkat Kabupaten Bantul, 51 Ketua, Sekretaris dan bendahara Tingkat Kecamatan, 68 Ketua Pokja I s/d IV Tingkat Kecamatan dan 22 Anggota Dewan Panyantun.

Kita sebagai bangsa yang besar harus mampu menunjukkan eksistensinya sebagai bangsa yang berbudaya disamping juga kemampuan dan keunnggulan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu PKK Bantul telah tepat dalam memilih tema Rakerda dengan mengangkat rekonsiliasi dan program pemerintah Kabupaten Bantul pada umumnya. Bantul baru gencar-gencarnya mengadakan rekonsiliasi di masyarakat dan PKK telah menangkap dengan memberi dukungan. Termasuk juga program-program yang lain jelas Idham.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Drs. HM. Idham Samawi, Ketua Tim Penggerak PKK Prop. DIY, Ketua Tim Penggerak Kab. Bantul, Kepala Dinas Instansi, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Pengurus TP PKK Kab. Bantul.

Lebih lanjut dikatakan PKK Kabupaten Bantul seharusnya menambah wawasan dengan studi banding ke luar daerah kalau perlu ke luar Jawa agar pengetahuannya bertambah. Bila program tersebut terkendala anggaran silahkan ajukan proposal biar Pemkab yang memfasilitasi toh semua pada akhirnya untuk membina dan mencerdaskan generasi mendatang. Anngota PKK itu sudah banyak tombok maka kalau Pemkab tidak mendukung itu keterlaluan jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara rakerda Dra. Rahayu Sunarto dalam laporannya mengatakan Tema Rakerda Tahun 2008 adalah Dengan Semangat Rekonsiliasi Kita Laksanakan Rakerda PKK untuk Mewujudkan prioritas Pembangunan Kabupaten Bantul Menuju Masyarakat yang Cerdas, Berakhlak Mulia dan Berkepribadian Indonesia. Tujuan dari Rakerda sendiri adalah menentukan program prioritas dalam meningkatkan eksistensinya sebagai mitra pemerintah.Rakerda yang direncanakan selama satu hari yakni hari Rabu, Tanggal 16 April 2008 tersebut menghadirkan dua nara sumber yakni Ilham Tahir, M.Si dari Fakultas MIPA UGM yang akan mengupas Pemanasan Global dan Drs. Riyantono M.Si dari Bappeda Bantul yang akan mengupas tentang Prioritas Pembangunan Bantul antara lain Pengembangan Ekonomi Lokal, Mitigasi Bencana dan Kesetaraan Gender.

Setelah ulasan nara sumber Rakerda dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang akan dibagi menjadi kelompok A, B, C1, C2, C3 dan C4 untuk membahas program-program yang telah ditentukan. (mwr)