•  19 April 2008
  •    
  •  756
HUT KE 46 HANSIP DI BANTUL "Diserahkan Tali Kasih Kepada Anggota Yang Sakit dan Meninggal"
Hari Ulang Tahun Ke 46 Pertahanan Sipil (Hansip)/ Perlindungan Masyarakat (Linmas) Tingkat Kabupaten Bantul dipusatkan di Lapangan Trirenggo Bantul, Sabtu (19/4). Upacara yang diikuti dari Kodim 0729, Polres Bantul, PNS, Hansip, SAR Linmas, Tagana (tanggap Siaga Bencana), Pemadam Kebakaran Linmas, Pepabri/LVDR dan Satpam tersebut dengan Inpsktur Upacara Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno, PRs. dan Komandan Upacara A. Yuwono.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selaku Pembina Umum Satuan Perlindungan Masyarakat dalam amanatnya yang dibacakan Irup Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno. Prs. mengharapkan dengan bartambahnya usia akan bertambah pula kedewasaan dan kualitas serta kuantitasnya dalam mengabdikan kepada masyarakat apalagi dalam HUT kali ini mengambil tema Satuan Perlindungan Masyrakat Siap Mendukung Suksesnya Kegiatan Sosial Kemasyarakatan dan Penyelenggaraan PEMILU 2009 . Sesuai dengan UUD 1945 pasal 27 ayat (3) maka keberadaan Linmas yang terbentuk dari tingkat Drsa/Kelurahan untuk bela negara sangat tepat.

Lebih lanjut dikatakan kelembagaan Satuan Linmas yang selama ini masih terjadi ketidak seragaman ada yang berdiri sendiri ada yang bergabung dengan instansi yang lain sehingga menyulitkan dalam pembinaan. Dengan telah tetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah diharapkan dapat menjawab masalah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan tali asih kepada anggota Hansip yang telah lama mengabdikan diri yakni Rp. 500.000,- kepada Daris Sumaryono alamat Kragenan, Girirejo, Imogiri karena Opname di Rumah Sakit dan Rp. 1.000.000,- kepada Sukirno alamat Kalangan, Kebonagung Imogiri karena meninggal dan diterima ahli warisnya. Tali kasih diuserahkan langsung oleh Dandim Bantul Letkol Alt. Roni Pasaribu. (mwr)