•  08 Maret 2008
  •    
  •  1442
Herguswanto Terpilih Sebagai Kadus Karangjambe
Proses Pemilihan Dukuh (Pilduk) di KD V Karangjambe yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, berjalan sukses dan lancar tanpa gangguan yang menyalahi aturan perundang-undangan. Dilihat dari antusiasme warga terhadap pesta demokrasi Pilduk KD V Karangjambe sangat tinggi.

Dari 1986 warga yang terdaftar menjadi pemilih tetap di wilayah KD V Karangjambe, hanya 330 pemilih tidak bisa menyempatkan diri atau melakukan pencoblosan serta 50 suara yang dinyatakan gugur atau tidak syah. Dilihat dari antusiasme warga, kuota pemilihan dukuh sudah memenuhi persyaratan syah dan tidaknya Pilduk dilaksanakan, yaitu dua per tiga dari daftar pemilih tetap. Dan minimal suara syah yang harus diperoleh para Calduk untuk menduduki jabatan sebagai Kadus harus melebihi 25 % dari kuota yang melakukan pemilihan.

Pilduk KD V Karangjambe diselenggarakan Minggu (02/03), mulai pukul 07.00 WIB dan dilaksanakan serentak di tiga TPS yang telah terbentuk yaitu TPS 1di rumah Bapak Suwarto (ndandun) RT 01 RW 19 Karangjambe, TPS 2 di Balai Dusun RW 20 Kanoman, dan TPS 3 di Balai RT 11 Tegal Mulyo. Pemilihan Dukuh ini diperebutkan oleh enam Calon Dukuh yang lolos seleksi diantaranya Bapak Herguswanto (Bontot) mendapat nomor urut Pertama, yang kedua Bapak Sarino (Begud), yang ketiga Saudara Rosyidi (si Ros), yang keempat Tri Joko Sudarto (Joko Cibuk), yang kelima Bapak Kelik Sudaryanto dan yang keenam mantan wasit nasional Bapak Sri Mulyono (Mul Kothik).

Hasil akhir dari perolehan suara syah dari keenam Calon Dukuh menurut berita acara yang dibuat oleh Panitia Pengisian Lowongan Pamong Desa (PPLPD) desa Banguntapan yang dibacakan oleh ketua panitia Bapak H. Warjono, BA., dari 1606 suara syah, Herguswanto (Bontot) sebagain ranking pertama memperoleh 650 suara atau 40,47 % suara, ranking kedua Tri Joko Sudarto (Joko Cibuk) dengan perolehan suara 318 suara atau 19,80 %, ranking ketiga Sarino (Begud) dengan perolehan suara 255 suara atau 15,88 %, ranking keempat Kelik Sudaryanto dengan perolehan suara 196 suara atau 12,20 %, ranking kelima Sri Mulyono (Mul Kothik) dengan perolehan suara 94 suara atau 5,84 % dan ranking yang keenam Rosyidi (si Ros) dengan perolehan suara 93 suara atau 5,79 %. Dilihat dari perolehan suara jelas bahwa Herguswanto yang dikehendaki warga untuk memangku jabatan sebagai Kepala Dusun atau Dukuh KD V Karangjambe Banguntapan Bantul (Ary Kurniawan - arytirek[at]gmail.com)