•  27 November 2007
  •    
  •  862
Launching Hotspot, Penandatanganan Kerjasama Pemkab Bantul dan XL Business Solution
Pemkab Bantul dan PT Excelcomindo Pratama melakukan penandatanganan kerjasama di bidang telekomunikasi data. Naskah kerjasama tersebut ditandatangani oleh Bupati Bantul, Drs. HM Idham Samawi dan Nizar Mansur-Vice President Business Solutions PT Excelcomindo bersamaan dengan launching area hotspot di Pendopo Parasamya, Selasa (27/11). Bersamaan dengan acara penandatanganan kerjasama ini diluncurkan pula website www.bantulkab.go.id dan 3G online di Bantul.

Dalam launching tersebut, Bupati Bantul Drs. HM Idham Samawi mengatakan bahwa kerjasama ini diharapkan mampu menyentuh investasi SDM. Investasi SDM walaupun memerlukan biaya namun suatu saat akan bisa dinikmati hasilnya terutama oleh rakyat Bantul. " Diharapkan akan menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia serta mempunyai kharakter dan kepribadian Indonesia, " katanya.

Ditambahkan bahwa sejak tahun 2002 Kabupaten Bantul sudah mengubah paradigmanya dalam pemberian nilai ukuran kesuksesan pembangunan. Kalau dulu bangsa Indonesia mengukur dari materi atau uang maka saat ini ukuran yang utama adalah peningkatan kualitas SDM. Sehingga diharapkan bangsa Indonesia mampu mengejar ketertinggalan dari bangsa lain.

Mengenai kerjasama dengan PT.Excelcomindo, Bupati berharap kerjasama ini mampu menguntungkan kedua belah pihak baik tidak hanya rakyat Bantul tetapi juga pihak Excel. " Suatu kerjasama dipastikan akan langgeng dan terus terjalin jika kerjasama itu mampu menguntungkan kedua belah pihak, " katanya. Pihaknya akan mengkaji apa yang bisa dimanfaatkan secara maksimal atas kerjasama yang telah terjalin ini. Sehingga nantinya akan menguntungkan bagi rakyat Bantul.

Sementara itu Senior Vice President Business Solution PT Excelcomindo Pratama Tbk , Nizar Mansur mengatakan bahwa dirinya mengaku bangga mampu menghadirkan layanan publik berbasis teknologi komunikasi dan informasi bagi masyarakat Bantul. " Diharapkan dengan penerapan solusi tehnologi informasi dan komunikasi mampu memberikan layanan pemerintah yang efektif dan efisien, " katanya.

Sedangkan keempat titik hotspot yang dibangun terletak di kantor Pemda Bantul, kantor DPRD, Pasar Seni Gabusan dan Perpustakaan Pusat Bantul. Hotspot ini dapat diakses secara gratis dan terbuka untuk umum. Selain fasilitas hotspot, untuk kedepannya juga akan digarap layanan KTP online dengan menggunakan layanan MPLS yang terintegrasi antara Pemda Bantul, Dinas Kependudukan dan 3 area kecamatan. Selanjutnya menyusul seluruh kecamatan dan Dinas-dinas di Pemkab Bantul. (Nurcholis)